Teleportasi

Banyak orang terobsesi dengan mesin waktu. Manusia memang pecinta hal instan. Kalau memang mesin waktu bisa diciptakan, manusia akan lebih cepat berpindah-pindah tempat. Mau gampangnya tonton aja serial Doraemon. Kucing robot dari abad 21 itu punya mesin waktu yang pintu masuknya dari laci meja belajar Nobita.

Catatan Otomotif

Oleh: Syaifullah Defaza

Sementara mesin waktu belum ditemukan, terjadi banyak dugaan. Tiba-tiba semua jadi ilmuan. Ada yang menyebar foto-foto hitam putih namun pada objeknya seolah-olah ada orang yang datang dari masa depan.

Misalnya, ada kerumunan orang di foto yang ditaksir terjadi pada awal 1900-an eh tau-tau ada orang di foto itu yang sudah pegang hape. Hape canggih yang baru-baru ini ditemukan. Langsung ramai-ramai orang bilang, bahwa objek itu datang dari masa depan.

Teleportasi pun diyakini bisa terjadi. Teleportasi itu cuma ada di film fiksi. Tapi banyak orang yang yakin bahwa teleportasi ada di dunia non fiksi alias dunia nyata.

Di antara yang meyakini ada orang Indonesia pastinya. Pernah aku tau, ada penumpang bus yang berkisah. Bahwa dia naik bus pulang ke kotanya, seharusnya ditempuh beberapa jam. Faktanya menurut penumpang bus itu, dia sekejap mata telah tiba di kota yang ditujunya.
Bus itu menerobos waktu di luar nalar dengan jalur teleportasi? Itu bus hantu?

Coba cek Wikipedia, apa itu teleportasi. Iya itu metode berpindah-pindah dengan sangat cepat. Makannya teleportasi itu aku yakini sebagai ciptaan produser film, sutradara film sahaja bukan sungguh ada nyata.

Tapi banyak orang yang bersaksi. Utamanya yang bekerja di sektor transportasi.

Kemarin aku dengar pengalaman supir bus ALS Bang Jhon namanya. Selain lama jadi supir bus, Bang Jhon kekinian telah jadi Youtuber pula. Channel YouTube-nya: Jhon 270 Official, subscriber-nya 23 ribuan. Kalah channel YouTube kami Otonesia.id yang baru punya 1.400an subscriber.

Bang Jhon diwawancarai dengan sesama Youtuber ketika dia tiba di Jogja membawa penumpang dengan ALS-nya. Pertanyaan yang dilontarkan Youtuber tadi bahannya dari pertanyaan subscriber. Banyak macam pertanyaan. Yang aku dengar di antaranya, apakah Bang Jhon selama jadi supir bus pernah alamai hal mistis?

“Pernahlah sering. Dulu kami pernah dapat sewa (penumpang) seorang ibu membawa anak. Aku pikir itu manusia. Makin yakin aku klo penumpang itu manusia, karena dikasihnya ongkosnya duit. Kami tanya mau turun di mana Bu? Itu di depan pak katanya. Kami tengok di depan ada lampu-lampu macam perkampungan, ada rumah-rumah. Begitu penumpang tadi turun, sinar lampu-lampu pun hilang. Gelap, ternyata kami sudah di tengah hutan. Ongkos penumpang tadi pun kami tengok udah jadi daun,” papar Bang Jhon.

Hal mistis yang sering dialami supir bus itu rata-rata begitu. Tiba-tiba tersasar ke perkampungan gaib. Esoknya ketika matahari muncul, ternyata mereka telah berada di hutan ataupun jalur yang secara akal sehat tak bisa dilalui bus.

Bukan cuma supir bus yang dikerjai begitu. Belakangan pengendara tunggal dengan mobil-mobil pribadi semisal Avanza pun sering nyasar masuk hutan tanpa tersadar. Begitu sadar sudah nyungsep tak bisa keluar. Paniklah!

Dulu ketika IT tak secanggih hari ini, tak bisa dijelaskan kenapa banyak bus bisa masuk hutan, kesasar menerobos ilalang, jalanan kecil penuh semak hingga berkilo meter dari jalan umum. Maka isu mistis, gaib hingga teori teleportasi pun diyakini.

Hari ini, ketika ada pengendara yang masuk hutan tanpa tersadar, terjebak, tersesat maka dia akan bilang: aku pake aplikasi map, malah dibawa ke sini.

(*)