Begini Cara Mengetahui Daihatsu Anda Kena Recall Atau Tidak

Otonesia.id, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) telah mengumumkan penarikan kembali atau recall terhadap tiga model mobilnya, yakni Terios, Xenia dan Sirion. Recall terpaksa dilakukan lantaran masalah pada motor fuel pump.

Jika ditotal, recall ini mencapai 97.290 unit yang terdiri dari 53.000 Great dan Grand new Xenia produksi Oktober 2017 sampai Juni 2019, lalu 41.000 All New Terios produksi Desember 2017 sampai Juni 2019, serta 2.892 All New Sirion produksi Januari 2018 sampai September 2019.

Bagi anda pemilik Daihatsu dan ingin memastikan apakah mobil Daihatsu anda masuk dalam kategori recall tersebut bisa melakukan pengecekan melalui laman daihatsu.co.id/recall/. Kemudian masukkan nomor rangka dan tipe mobil Daihatsu yang dimiliki.

Setelah melakukan pengecekan dan diketahui bahwa mobil Daihatsu anda termasuk kendaraan yang direcall, segeralah menghubungi call center Daihatsu Access 1500898 atau bisa juga langsung mengunjungi bengkel resmi Daihatsu terdekat.

Namun, untuk memperlancar proses penggantian, pemilik mobil yang terkena recall dianjurkan untuk melakukan booking terlebih dahulu. Perbaikannya pun diperkirakan hanya membutuhkan waktu 2 jam.

Pihak Daihatsu pun sudah menyiapkan 160 bengkel di Indonesia untuk mengatasi recall ini. Hal tersebut dikonfirmasi oleh Bambang Supriyadi, Executive Coordinator Technical Service Division ADM.

“Kita sudah siapkan 160 bengkel di seluruh Indonesia, dari Aceh sampai Papua untuk dapat melakukan pemeriksaan dan penggatian motor pump,” katanya dikutip dari otosia.

Sekadar informasi, berdasarkan investigas Daihatsu, penyebab recall ini adalah komponen impeller dalam fuel pump mengembang dari ukuran standar. Alhasil komponen tersebut melengkung.

Ternyata permasalahan ini sudah terjadi sejak 2017 silam saat Daihatsu menggunakan vendor komponen impeller lain.

Sebelumnya selama 16 tahun Daihatsu tidak pernah menemukan masalah pada komponen tersebut di ketiga model, yakni Terios, Xenia, dan Sirion.

(SDF)