Wow! Lima Orang Ini Tercatat Sebagai Orang Pertama yang Mampu Beli Mobil di Indonesia

Otonesia.id- Redaksi Otonesia agaknya mewakili rasa penasaran yang sama dengan pembaca, kira-kira siapa pemilik mobil pertama di Indonesia ya? Nah berikut Otonesia dapat merangkum data pemilik mobil pertama di Indonesia. Ternyata ada lima orang yang pertama kali mampu membeli mobil di Indonesia.

 

Benz Phaeton mobil pertama yang dimiliki orang Indonesia

1. Orang pertama yang mampu punya mobil di Indonesia adalah seorang sultan bernama Sunan Pakubuwono X yang tinggal di Surakarta (atau Solo). Pada tahun 1894, dia telah mampu membeli Benz Phaeton, sebuah mobil yang diproduksi oleh Cark Benz, cikal bakal Mercedes Benz.

Benz

2. Kemudian seseorang bernama Prof. Dr. W. Schrüffner tercatat sebagai orang kedua yang bisa membeli mobil di Indonesia. Profesor itu tinggal di Medan pada tahun 1902.

Prof Dr W Schrüffner dari Medan merupakan orang kedua yang tercatat sebagai pemilik mobil di Indonesia yang saat itu masih bernama Hindia Belanda. Mobil tersebut bermerek Benz yang secara resmi hadir di Pulau Sumatera pada tahun 1902.

Orient Backboard

3. Raden Mas Arjo Tjondro di Brebes adalah orang ketiga yang mampu membeli mobil di Indonesia pada tahun 1904. Saat itu Raden Mas Arjo Tjondro adalah Bupati Brebes, waktu itu dia dia mampu membeli sebuah Orient Backboard.

Britse Daimler

4. Kanjeng Raden Sosrodiningrat di Surakarta pada tahun 1907 mampu membeli merk Britse Daimler. Itu pula mobil pertama dari Daimler diluncurkan di Indonesia. Daimler tersebut memiliki 4 silinder dengan 45 hp yang ini hanya dimiliki oleh beberapa orang berkedudukan tinggi.

5. Haji Muhammad Usman Syah di Maluku tak mau kalah. Pada tahun 1913 seorang dari keluarga kesultanan Ternate yang bernama Haji Muhammad Usman Syah membeli mobil bermerk King Dick.

 

(sdf)