Setir Mobil Lebih Jorok Dibanding Toilet Umum

Otonesia.id, Studi di Inggris menyebutkan bahwa bagian setir mobil adalah bagian terjorok di dalam mobil.

Berdasarkan sebuah studi yang dilakukan oleh peneliti dari Queen Mary University di London Inggris beberapa waktu lalu, diketahui jika setir mobil itu bisa sembilan kali lebih kotor dibanding kloset di toilet umum.

Studi ini menemukan bahwa ada 700 bakteri hidup di setiap inci dari setir mobil. Jumlah bakteri ini jauh lebih banyak ketimbang yang ada di pispot toliet, yaitu hanya 80 bakteri.

Bakteri yang hidup di setir dan di seluruh bagian interior mobil, adalah bacillus cereus. Bakteri ini sering ditemukan dalam pasta, kentang, dan nasi ini dapat menyebabkan keracunan makanan.

Menurut Direktur ilmu biomedis Queen Mary University, Ron Cutler, mengungkapkan jika sebagian besar bakteri memang tidak menyebabkan masalah kesehatan. Tetapi, di beberapa mobil ditemukan bakteri yang menjadi rumah bagi sejumlah spesies bakteri yang berpotensi berbahaya.

“Kebanyakan orang membersihkan rumah mereka. Tetapi banyak orang lalai membersihkan mobil mereka, dan eperti mengemudi dengan kendaraan dengan kondisi mirip tempat sampah,” jelas Ron Cutler.

Penyebab utama dari banyaknya bakteri di setir mobil ini adalah sebagian besar pengemudi kerap makan di mobil. Dari hasil penelitian ini tercatat 42 persen pengemudi makan di dalam mobil, dan hanya sepertiga dari mereka membersihkan interior mobil mereka setahun sekali.

Bahkan di Inggris, sekitar 10 persen pengemudi mobil mengakui bahwa mereka tidak pernah membersihkan bagian dalam kendaraan.

Tidak hanya itu saja, para peneliti juga mengungkapkan bahwa ruang paling kotor di dalam mobil adalah bagasi. Pasalnya bagian tersebut menjadi rumah dari 1.000 bakteri. Bahkan ada di setiap setengah inci lapisan di bagasi mobil. Demikian dilansir otosia.com.

(sdf)