Kia Sonet Banjir Fitur, Garansi Tujuh Tahun, Berapa Harganya?

Otonesia.id, Kia Sonet menambah kaya dunia otomotif tanah air. Mobil bergenre compact SUV ini hadir setelah pendahulunya Kia Seltos yang bermain di segmen SUV murah.

Kia Sonet dibandrol mulai Rp 193 hingga Rp 289 juta (OTR Jakarta). Dengan harga di bawah Rp300 juta Kia Sonet diyakini akan menjadi rival berat Toyota Rush, Daihatsu Terios, Honda BR-V, bahkan HR-V 1.5.

Amatan Otonesia.id di Showroom Indomobil di Jalan Gatot Subroto Medan Jumat (5/3/2021), dari luarannya, tampak Kia Sonet memiliki perawakan gagah dengan ground clearance-nya cukup tinggi yakni 205 mm.

Sementara untuk dimensi keseluruhan, panjangnya 4.120 mm, lebar 1.790 mm, dan tinggi 1.615 mm.

Pada bagian depan terlihat kap mesin dengan guratan tebal dan lebar. Untuk gril honeycomb sendiri masih mengusung ciri khas Kia, yakni Tiger Nose.

Sedangkan head lamp tampak dibuat mengikuti garis desain dari gril, sementara untuk pencahayaan sudah menggunakan LED baik di depan maupun belakang. Untuk lampu kabut juga sudah tersedia, namun belum mengusung LED melainkan menggunakan projector yang diletakan pada bagian sisi kiri-kanannya.

Bagian samping yang mencuri fokus adalah konsep minimalis yang mengesankan dimensi kompaknya. Sedangkan bagian belakang lebih futuristik dengan aksen rear lamp yang memanjang berkat reflektor di pintu bagasi.

Desain tersebut agak mirip dengan Kia Sportage, hanya saja dibuat lebih langsing. Di bagian ban, Kia memasang velg dengan desain ala kipas berdimensi 16 inci.

Di kabin, suasana serba gelap menjadi pemandangan utama. Pada bagian dasbor terdapat tatanan dari ragam fitur dan fungsi yang disajikan. Dan untuk mengoperasikan tombol fitur juga mudah dijangkau.

Mulai dari pengaturan audio dan cruise control di lingkar kemudi, tombol start-stop engine, sampai layar speedometer yang bisa menampilkan informasi penting kendaraan.

Di Sonet tipe terlengkap, selain sudah mengusung sunroof, bekal utama yang diberikan adalah instalasi sistem audio yang menggunakan produk keluaran Bose.

Mulai dari head unit layar sentuh 8 inci dengan ragam koneksi dan sudah terintegrasi dengan Apple Car Play serta Android Auto. Kualitas suara dijamin bagus keluar dari empat unit main speaker, dua tweeter, serta sub woofer.

Yang menarik, alunan suara dari audio juga bisa dikombinasikan dengan LED Sound Mood Light yang diletakan pada bagian baris pertama.

Soal kenyamanan juga cukup bagus sebab Kia membekali Sonet dengan jok yang memiliki fitur ventilated seat yang bisa menghembuskan kesejukan AC di tubuh pengemudi dan penumpang. Namun fitur keren itu cumah di jok baris pertama.

Jok Kia Sonet menggunakan material Artifical leather, baik pada baris pertama hingga kedua. Keamanan pengendara dan penumpang juga sudah ditunjang dengan hadirnya enam buah airbag.

Pada baris pertama tak ada masalah, baik ruang kepala dan kaki masih cukup nyaman. Sedangkan untuk baris kedua, ruang kaki sangat tergantung dari penumpang di baris depan. Jika pengemudi tak memundurkan posisi jok maka di belakang akan cukup lega untuk ruang kaki

Kia Sonet varian tertinggi juga sudah dibekali dengan wireless charging guna memudahkan pengendara melakukan pengisian daya ponsel tanpa kabel.

Untuk power outlet tetap disediakan baik pada baris pertama dan kedua. Sedangkan bagian bagasi Sonet cukup lapang untuk menampung ragam barang bawaan.

Kia Sonet hanya dibekali satu pilihan mesin bensin, yakni Gamma II DOHC, Dual CVVT berkubikasi 1.497 cc. Mesin tersebut disandingkan dengan sistem transmisi CVT dengan nama Intelligent Variable Transmission (IVT) 8 percepatan.

Meskin mesin Sonet tak dilengkapi turbo namun mampu menghasilkan tenaga hingga 113 tk pada 6.300 rpm, sementara torsinya pun cukup besar, yakni 144 Nm di putaran 4.500 rpm.

Walau tak ada turbo, tapi Kia Sonet sudah dilengkapi enam mode berkendara yang disediakan. Tiga untuk gaya berkendara Eco, Normal, dan Sport, sementara tiga lainnya dalam bentuk traksi, yakni Mud, Sand, dan Snow. Jadi traksi mode ini berguna untuk menyesuaikan di jalanan pasir lumpur bahkan salju.

Di pengereman Kia Sonet telah punya fitur Anti-Lock Braking System (ABS), Electronic Stability Control (ESC), dan Hill Start Assis Control (HAC).

“Dan yang menarik kita kasih garansi hingga 7 tahun atau 200.000 kilometer tergantung mana yang lebih dulu tercapai. Bagi yang berminat untuk harga OTR Medan, Kia Sonet dibandrol Rp199.800.000 untuk tipe standar. Sedangkan tipe terlengkapnya Rp296 juta. Bisa hubungi kita di kontak 085276557008 untuk informasi Kia Sonet dan unit Kia lainnya,” kata Olin, Sales Counter Indomobil Jalan Gatot Subroto Medan.

(SDF)