EV9 Membawa Kia ke Level Selanjutnya

Otonesia.id, California – Kurang dari 20 tahun yang lalu, mengendarai kendaraan yang dibuat oleh produsen mobil Korea Selatan Kia tampak seperti sebuah proposisi yang berisiko.

Saat itu, model Kia hadir dengan panel pintu yang tipis, interior murahan, suspensi yang meragukan, dan powertrain yang lemah – bukan kendaraan terbaik untuk selain berbelanja, apalagi mengantar anak-anak Anda dengan aman ke sekolah atau melakukan perjalanan jauh.

Tapi lupakan masa lalu dan sambut masa depan: Kia EV9 ’24 andalan, kendaraan utilitas baterai-listrik 3 baris yang ingin dimiliki oleh setiap orang tua, tidak hanya untuk perjalanan singkat ke toko tetapi juga sebagai surga perjalanan bagi diri mereka sendiri dan anak cucu mereka.

Setelah kami menemukan tombol pengapian “EV”, yang terintegrasi ke dalam shifter gemuk yang dipasang di kolom kemudi yang terletak di belakang roda kemudi berbentuk lingkaran persegi pada mobil uji Ocean Blue GT-Line kami, EV9 memproyeksikan kepercayaan diri murni dan ketenangan kendaraan premium.

Sistem penggerak semua roda bermesin ganda EV9 menghasilkan tenaga 379 hp dan torsi 516 lb.-ft. Torsi (700 Nm), mendorong 5.886 lb. Kendaraan (2.670 kg) hingga 60 mph (97 km/jam) hanya dalam 4,5 detik, berkat peningkatan perangkat lunak “boost” yang merupakan standar pada GT-Line (dan opsi $900 pada model AWD lainnya).

Tenaga untuk motor sinkron magnet permanen yang menggerakkan roda berasal dari paket baterai lithium-ion 99,8 kWh, yang mampu menggerakkan EV9 dengan kecepatan EPA sejauh 270 mil (435 km) antar pengisian daya. Arsitektur 800V memungkinkan pengisian cepat DC hanya dalam 24 menit. Stopkontak Level 2 240V mengisi ulang baterai dalam 8 jam 45 menit, sedangkan arus rumah tangga memerlukan penghentian selama 84 jam. Anda mungkin ingin mencari pengisi daya cepat lokal, atau berencana memasang stopkontak Tingkat 2 di tempat tinggal Anda.

Selama kami berkendara melewati berbagai permukaan jalan di sini, termasuk hamparan panjang trotoar berombak, bahan kedap suara EV9, kaca depan dan kaca samping yang dilaminasi, serta ban dengan kebisingan rendah membuat kabin sangat senyap. Rengekan powertrain tidak terdengar, kecuali saat sengaja mengeluarkan suara motor buatan Active Sound Design. Anehnya, EV9 tidak perlu menggunakan peredam bising aktif yang lebih mahal melalui sistem audio untuk mencapai tingkat kebisingan interior yang rendah.

Di dalam, EV9 sarat dengan konten premium, dengan jok sintetis seperti kulit dan material dengan sentuhan lembut di seluruh bagiannya. Kami mendapati diri kami terus-menerus mengagumi headliner mewah dan kain pilar A saja.

Kluster instrumen warna EV9 yang besar dan terang serta pendampingnya berukuran 12,3 inci. Layar tengah horizontal (31 cm) berisi informasi, beberapa di antaranya juga diproyeksikan pada tampilan head-up berwarna. Hingga disentuh, tombol haptik untuk fungsi utama seperti Peta dan Media tetap tersembunyi di sepanjang dasbor di bawah layar utama, dengan sakelar HVAC fisik di bawahnya.

“Kami ingin terus menjadi merek pasar massal, namun kami terus berkembang,” kata Steve Center, chief operating officer Kia Amerika.

EV9 sekarang dijual sebagai impor dari Korea Selatan, dengan harga $78,430 untuk tester GT-Line maksimal kami ($73,900 dasar, ditambah $1,495 tujuan), tetapi tersedia dengan harga lebih murah $20,000 dalam trim Light penggerak belakang dengan lebih kecil , baterai 76,1 kWh yang mampu menempuh jarak 230 mil (370 km). Semua trim lainnya – Light Long Range (RWD), Wind, Land, dan GT-Line – menggunakan baterai jarak jauh sebagai perlengkapan standar.

Kia berencana meluncurkan produksi EV9 di pabriknya di West Point, Georgia, tahun ini, membantu kendaraan tersebut memenuhi syarat untuk mendapatkan kredit pajak khusus AS.

(sdf/otonesia.id)