Resmi Meluncur, Spesifikasi Mobil Listrik Baru Neta L Jadi Saingan Chery Omoda E5

Otonesia.id – Hozon Auto, produsen mobil listrik asal China siap meluncurkan SUV terbarunya, Neta L. Mobil ini dirancang untuk bersaing dengan BYD Song Plus dan Tesla Model Y. SUV listrik Neta L resmi diperkenalkan kepada publik melalui acara NETA Strategic Partner Conference yang diadakan di Shanghai, Cina pada 19 Januari 2024 kemarin.

Menempati segmen medium SUV, mobil listrik yang diperkenalkan oleh NETA Auto Overseas ini menawarkan pengalaman berkendara yang immersive dengan mengusung konsep “A Comfortable Living Space”, dengan memadukan teknologi canggih dengan desain interior yang nyaman sekaligus prestisius.

Neta L, sebagai jajaran model terbaru diklaim menawarkan pengalaman berkendara yang immersive dengan mengusung konsep “A Comfortable Living Space” yang memadukan teknologi canggih dengan desain interior yang nyaman dan spacious, entertainment yang premium, serta pengalaman berkendara yang mengesankan.
“Sebagai model terbaru dari jajaran produk Neta, Neta L disebut tidak hanya menjadi sebuah kendaraan yang ramah lingkungan, tetapi juga menciptakan pengalaman berkendara yang immersive dengan mengusung konsep ‘A Comfortable Living Space’,” jelas pihak Neta melalui keterangannya.
Konsep tersebut dikatakan telah mengintegrasikan teknologi canggih dengan desain interior yang nyaman, spacious, serta entertainment premium, dan pengalaman berkendara yang mengesankan. Di China, spesifikasi Neta L bersaing utama dengan Chery omoda E5, SUV listrik yang diagendakan bakal meluncur di Tanah Air pada tahun ini.

Spesifikasi Neta L, Dimensi Lebih Besar dari Chery Omoda E5

Neta L memiliki dimensi panjang 4.770 milimeter, lebar 1.900 mm dan tinggi 1.660 mm dengan jarak sumbu roda 2.810 mm. Mobil ini memiliki kapasitas 5 penumpang, dan menggunakan ban berukuran 225/55 R19 atau 225/60 R18.

Ukurannya lebih besar dari Chery Omoda E5, yang mana di atas kertas pesaingnya tersebut mempunyai panjang 4.424 mm, lebar 1.830 mm, dan tinggi 1.588 mm serta jarak sumbu roda 2.630 mm.

Dimensi
Keterangan Neta L Chery Omoda E5
Panjang 4.770 mm 4.424 mm
Lebar 1.900 mm 1.830 mm
Tinggi 1.660 mm 1.588 mm
Wheelbase 2.810 mm 2.630 mm

Selain dimensi yang lebih besar, Neta L juga memiliki tampilan fututistik di bagian luar. Dibangun di atas arsitektur Shanhai seperti yang juga disematkan pada Neta S dan Neta GT Coupe, mobil ini banyak mengimplementasikan garis tegas menyudut mulai dari depan hingga ke belakang.

Tak kalah menarik, di bagian dalam mobil ini menampilkan nuansa mewah dan dinamis dengan disematkan fitur entertainment yang canggih dan modern.

Seperti yang terlihat pada center cluster, Neta L disematkan head unit layar sentuh sebanyak dua buah berukuran besar dengan satu di tengah, dan satunya lagi di sisi penumpang.

Seperti beberapa produk Neta lainnya, mobil ini dibekali meter clutser berupa layar TFT digital dengan bentuk pipih yang tampak begitu informatif.

Didominasi dengan warna cerah, untuk interiornya mobil ini sudah dilengkapi panoramic sunroof dengan ukuran cukup besar. Guna memberikan kenyamanan kepada setiap penggunanya selama berkendara, mobil ini turut dilengkapi fitur car refrigerator dan meja lipat pada baris kedua yang terasa ergonomis.

Neta L Bermain di Dua Segmen, BEV dan EREV

  • BEV (Battery Electric Vehicle)

Neta L menggunakan baterai LFP yang diproduksi oleh SVOLT, anak perusahaan Great Wall Motors. Ditenagai oleh Long Life L-Series Battery yaitu CATL Shenxing Battery dari SVOLT, anak perusahaan Great Wall Motor. Baterai jenis LFP ini membawa teknologi dan inovasi terbaru yaitu ultra-fast charging yang memiliki daya jangkauan tempuh lebih jauh serta daya ketahanan baterai yang lebih lama.

Mengutip Carnewschina.com, SUV listrik ini dibekali motor listrik tunggal dengan tipe TZ210XS001 berkekuatan 170 kW (231 Hp) berjeniskan e-motor. Disebut-sebut mengandalkan penggerak roda belakang untuk membuatnya berjalan, Neta L memiliki kecepatan tertinggi mencapai 180 km/jam.

  • EREV (Extended Range Electric Vehicle)

EREV merupakan jenis kendaraan listrik dengan menggunakan baterai sebagai sumber tenaga. Hanya saja energi listrik yang tersimpan di dalam baterai mendapat asupan daya melalui mesin pembakaran internal (ICE) yang bertugas sebagai generator. Seperti varian BEV, model EREV Neta L menggunakan e-motor dengan perolehan tanaga yang sama, yakni 170 kW atau setara dengan 231 Hp.Untuk mesin ICE yang bertugas sebagai generator memiliki kubikasi 1.500 cc berkodekan H15R garapan Dongfeng yang menghasilkan tenaga 91 Hp. Neta L EREV juga menggunakan baterai LFP dari SVOLT dengan kapasitas 30 kWh. Dalam kondisi terisi penuh, Neta L EREV ini mampu berjalan hingga 164 kilometer.

(sdf/otonesia.id)