Ini Dia Deretan Mobil Keren di Indonesia Dengan Fitur Voice Command

Otonesia.id, Medan – Selama ini kita mengetahui teknologi Voice command (perintah suara) itu adanya di hp atau gadget kita. Seperti SIRI, Alexa dan juga Google Assistant. Masih banyak yang belum tahu kalau fitur Voice Command sudah mulai digunakan pada mobil loh, termasuk mobil-Mobil yang masuk ke indonesia.

Sistem ini memudahkan pengemudi atau penumpang dalam berkendara dengan hanya memberikan perintah kepada mobil melalui suara. Dengan begitu pengemudi atau penumpangnya gak perlu repot-repot lagi mencari dan memencet tombol  untuk menaik-turunkan kaca, menyalakan AC, membuka kunci pintu, dsb. Cukup dengan suara!

Penasaran kan? Nah berikut deretan mobil di Indonesia yang telah dibekali fitur Voice Command seperti dikutip dari berbagai sumber.

  • MERCEDES-BENZ

Mercedes benz A-Class 2018 adalah mobil pertama mercy yang ada di Indonesia yang menggunakan fitur Voice command. Fitur Voice command mobil ini tersemat dalam sytem infotaimentnya yang dinamakan MBUX Infotaiment sytem.

MBUX (Mercedes-Benz User Experience) ini dapat digunakan untuk mengontrol fitur yang ada di dalam mobil hanya dengan Voice command dengan menggunakan kata “Hey mercedes”. Tp sayang, fitur ini hanya tersedia dalam Bahasa inggris.

  • BMW

Sebagai mobil eropa tentu saja tidak mau tetinggal dengan dengan pesaingnya. Mobil-mobil high end BMW keluaran terbaru juga sudah menggunakan Voice command.

Tapi, fitur Voice command milik BMW baru bisa  dioperasikan lewat beberapa langkah di head unitnya, agak sedikit ribet memang. Namun yang unik, pengguna bisa memberi nama kepada mobilnya tersebut. Jadi nantinya fitur tersebut dioperasikan dengan memanggil nama mobil tersebut.

  • Wuling Almaz

Wuling memang cukup mengejutkan sejak pertama kali diluncurkan. Karena, mobil-mobilnya mempunyai fitur-fitur premium dengan harga jauh dibawah kompetitornya.

Wuling kembali membuat kejutan dengan  fitur Voice command yang disematkan pada Wuling Almaz keluaran terbaru. Bahkan, fitur ini bisa membuka dan menutup kaca jendela, sunroof, mengontrol AC dan banyak hal lain yang bisa dikontrol hanya dengan perintah suara.

Fitur ini sudah menggunakan Bahasa Indonesia. Menurut Brand Manager Wuling Motor Indonesia, pengguna Almaz yang lama bisa meng-upgrade mobilnya untuk mendapatkan fitur ini.

  • DFSK Glory i-Auto

Kembali mobil dari tirai bambu yang menyematkan fitur Voice command. Adalah DFSK Glory i-Auto yang mendapatkan fitur ini. Menurut beberapa sumber, Fitur yang dinamakan i-Talk ini akan harus terintegrasi dengan Smartphone. Meskipun, fitur yang dapat dikontrolnya tak berbeda jauh dengan Almaz.

  • Hyundai Creta

Selanjutnya ada Hyundai Creta yang dilengkapi dengan voice command khas Hyundai. Tak cukup dari situ, Hyundai Creta memiliki fitur lain seperti Advance Driver Assistance System (ADAS), Hill Start Assist Control, dan Hyundai Bluelink.

Selain hadirnya fitur yang mumpuni, Hyundai Creta memiliki mesin berteknologi Smartstream 1,5 L MPI Inline 4 silinder. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga hingga 115 dk pada putaran 6.300 rpm dan torsi maksimal 143,8 Nm pada putaran 4.500 rpm.

  • Chery Tiggo  7 Pro

Kehadiran fitur voice command pada Chery Tiggo 7 Pro dapat mempermudah pengemudi. Bagaimana tidak, fitur ini dapat membantu untuk membuka tutup panoramic sunroof hanya melalui perintah suara saja.

Tak hanya itu, fitur ini membantu dalam membuka tutup kaca jendela, mengakses fitur hiburan seperti musik atau radio, hingga melakukan panggilan telepon.

Cara mengaktifkan fitur voice command cukup mudah. Pengemudi hanya perlu mengakses voice command secara manual terlebih dahulu pada layar LED, lalu awali dengan mengucapkan “Halo chery” atau “Halo Tiggo” kemudian keluarkan perintah suara yang diinginkan.

(sdf/otonesia.id)