Ini Dia 5 Mobil Amfibi Tercanggih Dunia, Sayangnya Mobil Ini Tidak Dijual Bebas!

Otonesia.id – Mobil amfibi yang bisa dijalankan di air dan darat sepertinya jadi impian banyak orang. Bahkan Presiden Amerika Serikat ke-36 Lyndon B Johson pernah punya mobil amfibi. Lyndon B Johnson bahkan kerap membikin kaget tamu-tamunya yang datang ke Gedung Putih untuk mencoba mobil amfibi itu. Pasalnya dia kerap mengendarai mobil yang dinamai Amphicar itu tiba-tiba nyebur ke danau.

Jika Presiden Amerika Serikat saja terobsesi dengan mobil amfibi, apalagi orang biasa. Bahkan obsesi itu kerap diwakilkan melalui berbagai film Hollywood. Saat ini Anda memang tidak bisa memiliki mobil-mobil amfibi yang sangat popular itu. Namun, situs Top Gear menyebut mobil amfibi tercanggih tidak dijual bebas.

Berikut deretan mobil amfibi terbaik yang tidak dijual bebas di pasaran seperti dikutip dari berbagai sumber:

1. Prodriver Watercar

Prodrive Watercar adalah mobil amfibi terkencang di dunia Mobil amfibi ini dilengkapi dengan mesin V6 dengan kapasitas silinder 3,7 liter.

Saat berada di laut atau pantai, Prodrive Watercar bisa ngebut hingga 70 kilometer per jam. Di jalan darat kecepatannya justru bertambah dua kali lipat hingga bisa tembus 140 kilometer per jam.

Saat ini Prodrive Watercar dijual di harga 165.000 Poundsterling atau setara Rp3,1 miliar.

2. Rinspeed Squba

Rinspeed Squba dibuat karena terinspirasi oleh mobil amfibi Lotus Esprit yang ada di film James Bond “The Spy Who Loved Me”.

Bedanya mobil ini dibuat dengan atap yang terbuka. Jadi setiap orang yang membeli mobil ini dilengkapi dengan peralatan selam apabila ingin membawa mobil ini menyelam hingga kedalaman 10 meter.

Sayangnya, saat berada di dalam air mobil ini cuma mampu bergerak tiga kilometer per jam.

3. Sea Lion

Kemampuan mobil unik ini tidak lain adalah karena aplikasi mesin rotary dari Mazda dengan kode Mazda Rotary 13B buatan tahun 1974 yang mampu membawa mobil ini berlari hingga 201 km/jam di daratan dan berenang dengan kecepatan 95,5 km/jam di air.

Mobil ini diklaim sebagai mobil amfibi tercepat di dunia. Hanya saja kemampuannya kalah jauh dengan Prodrive Watercar.

Mobil amfibi ini dijual di harga 250.000 Poundsterling atau mencapai Rp4,7 miliar.

4. Amphicar

Mobil amfibi ini adalah mobil kebangaan Presiden Amerika Serikat ke-36 Lyndon B Johnson. Mobil ini pertama kali dikenalkan di New York Motor Show 1961.

Mesin itu bisa menggelontorkan tenaga sebesar 38 daya kuda ke roda belakang serta baling-balik kembar yang dipasang di mobil itu. Ketangguhan mobil tersebut pernah dibuktikan saat berhasil melintasi Selat Inggris pada tahun 1965.

5. Gibbs Aquada


Gibbs Aquada memiliki desain yang sangat keren untuk sebuah mobil amfibi. Mobil itu bisa dilengkapi dengan mesin V6 Rover dengan kapasitas silinder 2,5 liter. Mobil ini juga memiliki tampilan kabin layaknya mobil sport legendaris, McLaren F1. (sdf/otonesia.id)