Mobil Listrik Tesla Telah Laku Dua Juta Unit di Seluruh Dunia

Otonesia.id, Produsen otomotif asal Amerika Tesla berhasil mencatat penjualan mobil listrik yang sudah tembus 2 juta unit. Capaian positif ini diraih Tesla setelah menjual mobil listrik selama beberapa tahun.

Dikutip dari Inside EVs, Tesla berhasil menjadi produsen kendaraan listrik pertama yang secara kumulatif telah menjual lebih dari 2 juta mobil listrik secara global. Tentu, untuk mencapai rekor tersebut membutuhkan waktu yang cukup lama.

Tesla pertama kali didirikan pada tahun 2003. Selang beberapa tahun kemudian, perusahaan meluncurkan mobil listrik pertamanya yakni Tesla Roadster pada 2008. Tesla kemudian melanjutkan peluncuran mobil listrik yaitu Model S pada 2012, Model X di tahun 2015, Model 3 pada 2017, dan terakhir Model Y di tahun 2020.

Perusahaan milik Elon Musk ini berhasil menyentuh produksi mobil listrik di angka 500 ribu unit pada kuartal keempat 2018. Tesla kemudian meraih angka 1 juta unit produksi pada kuartal kedua 2020.

Produksi kendaraan listrik Tesla mengalami peningkatan dalam 12 bulan terakhir hingga menyentuh 800 ribu unit. Hingga akhirnya, pada kuartal ketiga 2021 Tesla berhasil melampaui penjualan mobil listrik mencapai angka 2 juta unit.

Atas raihan tersebut, saat ini belum ada perusahaan yang berhasil mengalahkan Tesla dalam penjualan kendaraan bertenaga listrik. Wajar saja, karena Tesla terus meningkatkan produksi mobil listrik daripada perusahaan lain.

Bahkan, meningkatnya jumlah produksi mobil listrik Tesla terjadi saat industri otomotif tengah dihantam krisis chip semikonduktor. Ketika banyak produsen otomotif harus memangkas jumlah produksi mobil di pabrik, namun Tesla justru menjual kendaraannya seperti tidak ada halangan.

Tidak hanya soal jumlah produksi yang meningkat, pendapatan Tesla juga naik sebesar 15% menjadi US$ 13,8 miliar. Angka tersebut merupakan kenaikan yang signifikan, di mana peningkatannya melonjak empat kali lipat dibanding tahun lalu.

Dengan meningkatnya jumlah konsumen yang membeli kendaraan listrik, diprediksi jumlah produksi mobil EV Tesla terus mengalami peningkatan dalam beberapa tahun mendatang. Diperkirakan Tesla akan menyentuh produksi 1 juta mobil listrik per tahun.

(sdf)