Tesla Roadster Bakal Dilengkapi Pendorong Roket, 1 Detik Tembus 96 Km

Otonesia.id, Pemilik Tesla, Elon Musk benar-benar menyiapkan Tesla Roadster yang akan dijual dengan paket roket pendorong dari SpaceX. Mobil itu akan menciptakan rekor akselerasi baru di dunia.

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Elon Musk menjawab pertanyaan salah seorang pemilik Tesla, yang memposting foto Tesla Roadster yang tengah dipamerkan

0-96,5 km/jam dalam 1,1 detik akan menjadi rekor kecepatan akselerasi tertinggi di dunia. Untuk diketahui, menurut catatan car and driver, saat ini rekor akselerasi tercepat dipegang oleh Porsche 918 Spyder tahun 2015 yang mampu melesat 0-96,5 km/jam dalam 2,1 detik.

Rahasia akselerasi kilat Tesla Rpadster tersebut adalah disematkannya pendorong roket, yang saat ini dipakai pada roket SpaceX. Sebagaimana diketahui, SpaceX merupakan proyek luar angkasa yang juga milik Elon Musk.

Tidak semua Tesla Roadster akan dilengkapi dengan pendorong roket SpaceX. Elon Musk menyebut pendorong roket tersebut adalah paket penjualan khusus. Itu artinya akan dipasang sesuai pesanan.

Elon Musk mengklaim melesat 0-96,5 km/jam dalam 1,1 detik masih aman buat dilakukan. Namun dia juga mengaku kalau itu akan menjadi pengalaman yang ‘sangat intens’, dan ‘tidak disarankan untuk mereka yang punya masalah kesehatan – seperti kalau naik roller coaster’.

Saat naik roller coaster, tubuh akan bisa terasa lebih berat dari kondisi normal. Itu dikarenakan adanya tambahan g-force. Namun roller coaster hanya memberikan sensasi g-force tersebut dalam durasi sangat singkat.

Futurism mengkalkulasi pendorong roket yang akan dipasang pada Tesla Roadster akan bisa menghasilkan tenaga 2,5 g.

Dalam aturan produksi kendaraan di Amerika Serikat saat ini tidak ada yang mengatur soal pemakaian teknologi pendorong roket di mobil. Elon Musk menegaskan kalau dia sama sekali tidak bercanda dengan rencana mobil menggunakan pendorong roket ini. Demikian dilansir Detik Oto.

(SDF)