Spesifikasi Toyota GR 86, Mobil Sport Imut Bertenaga

Otonesia.id, Toyota akhirnya memperkenalkan mobil sport andalannya, Toyota GR 86 meski sempat ditunda. Kehadiran mobil ini menyusul kembarannya, Subaru BRZ yang meluncur lebih dulu 5 bulan lalu.

Toyota memberikan embel-embel Gazoo Racing (GR) pada 86, seperti pada GR Yaris dan GR Supra. GR 86 dirancang untuk performa berkendara tingkat tinggi yang diklaim mampu memuaskan hasrat pengendara.

Memiliki bobot berkisar 1.270 kg, para insinyur menggunakan aluminium untuk atap dan spatbor, serta penyesuaian pada jok depan dan knalpot.

Grill Toyota GR 86

Atap yang direvisi membawa manfaat besar menurunkan pusat gravitasi kendaraan sehingga lebih stabil.

Toyota GR 86 membawa konfigurasi mesin depan dengan penggerak roda belakang yang sangat natural dan responsif.

Bagian dalam Toyota GR 86

GR 86 memiliki jantung pacu yang sama dengan BRZ, yakni Boxer Engine khas Subaru dengan D-4S dari Toyota 2.400 cc.

Mobil ini menghasilkan tenaga 232 dk (235 PS/173 kW) dan torsi 184 lb-ft (250 Nm), serta kemampuan berakselerasi 0-100 km per jam dalam waktu 6,3 detik, atau 1,1 detik lebih cepat dari model sebelumnya.

Tenaga tersebut disalurkan melalui transmisi manual 6-percepatan dan otomatis 6-percepatan ke roda belakang.

Untuk varian bertransmisi otomatis, tersedia fitur EyeSight berupa autonomous emergency braking dan pre-collision warning.

Velg GR 86

Diluncurkan pertama kali pada 2012, mobil ini banyak dipakai sebagai kendaraan balap, antara lain reli, one make race, gymkhana, drage race. Total lebih dari 200.000 unit 86 telah terjual di seluruh dunia.

(SDF)