Mau Tahu Mobil Pertama di Dunia? Ini Merek dan Bentuknya

Otonesia.id, Mobil saat ini perannya sangat penting untuk kebutuhan transportasi umat manusia. Dengan beragam jenis merek, tipe, dan kekuatan mesinnya, semua orang pilihannya sendiri untuk membeli mobil.

Tapi tahukah kamu apa merek mobil pertama di dunia dan bagaimana bentuknya? Lalu kapan pertama sampai ke Indonesia?

Mobil itu diberi bernama Benz Patent-Motorwagen (Mobil Benz Patent Motor). Tentus aja dari namanya kalian pasti menduga dari Jerman kan? Ya, tentu saja, mobil itu menjadi awal mula sejarah Mercedes-Benz di dunia.

Nah, ceritanya saat itu Carl Benz menciptakan kendaraan itu pada 29 Januari 1886 di Berlin. Hari itu juga ditetapkan sebagai hari kelahiran mobil.

Mobil itu memang bentuknya belum semodern dan secanggih sekarang dong! Mesinnya juga ringan dengan 954 cc atu silinder empat langkah. Beratnya juga sekitar 100 kg.

Ciri-cirinya bak mesin terbuka, katup pembuangan dioperasikan dengan cakram rem, katup intake yang dapat digeser, katup pembuangan yang dioperasikan oleh cakram rem, pelatuk klop dan pushrod, serta telah menggunakan sistem pelumas tetes.

Bannya juga sangat besar tapi tipis seperti andong dari kayu, bannya juga mati alias tidak bisa dipompa dan berkapasitas 8 penumpang.

Mobil ini pertama kali masuk ke Indonesia sebelum Indonesia merdeka. Tepatnya tahun 1994, Sultan Solo Pakoe Boewono X membelinya. Kabarnya saat itu Pakoe Boewono X harus menunggu satu tahun atau istilah sekarang inden.

Lalu berapa harganya? Dilansir dari kompas.com harganya mencapai 10 ribu gulden pada masa itu. Di Museum Nasional Indonesia, replika mobil ini dipajang menandai 50 tahun Mercedes-Benz di Indonesia pada Februari 2020 lalu.

(wan/sdf)