Siap-siap! Pemilik Daihatsu Xenia dan Terios Tahun Segini Bakal Kena Recall

Otonesia.id, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) ternyata juga menggaungkan recall terhadap mobil-mobil yang dijual di Indonesia. Masalahnya sama seperti Toyota Avanza dan lainnya yakni pada komponen fuel pump yang membuat mesin menjadi kasar bahkan mogok.

Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Bambang Supriyadi mengatakan, ada tiga model Daihatsu yang terkena dampak recall fuel pump ini. Antara lain Daihatsu Xenia, Daihatsu Terios, dan Daihatsu Sirion.

“Secara total ada 97.290 unit,” kata Bambang dalam konferensi pers secara virtual, Kamis (18/3/2021) dikutip detik oto.

Rinciannya yaitu, 53.246 unit Great dan Grand New Xenia produksi Oktober 2017 sampai Juni 2019, 41.152 unit All New Daihatsu Terios produksi Desember 2017 sampai Juni 2019, dan 2.892 unit all new Sirion produksi Januari 2018 sampai September 2019.

Daihatsu Terios juga bakal kena recall

Bambang menjelaskan, ada empat kondisi yang dikeluhkan konsumen akibat masalah fuel pump ini. Yaitu mesin mati dan sulit untuk dinyalakan, mesin tidak bertenaga, RPM tidak stabil, dan indikator check engine di dasbor menyala.

“Mayoritas yang dikeluhkan adalah mesin sulit menyala setelah dipakai dalam kondisi parkir atau menunggu lampu merah,” ujar Bambang.

Adapun part yang bermasalah adalah bagian fuel pump atau pompa bahan bakar. Dia mengatakan, di dalam fuel pump terdapat motor dan di dalam motornya ada sebuah impeller. Impeller itu yang bermasalah, sedikit mengembang sehingga menyebabkan mesin mati hingga sulit dinyalakan.

Daihatsu Sirion juga ada masalah pompa bahan bakar

“Impeller mengembang, menyentuh cover motor pump, akhirnya stuck dan tidak dapat mengalirkan bahan bakar,” sebut Bambang.

Untuk itu, pemilik mobil Daihatsu Xenia, Terios, dan Sirion disarankan untuk mengecek kondisi mobilnya. Bagaimana prosedur pelaksanaannya?

“Pertama dapat melakukan checking dalam memastikan unitnya dengan mengunjungi website kita www.daihatsu.co.id/Recall. Atau hubungi Daihatsu Access (1 500 898). Atau nanti tim internal kita akan menghubungi dari setiap pelanggan untuk melakukan konfirmasi,” kata Bambang.

Setelah terkonfirmasi unit mobil Anda dipastikan masuk dalam kampanye recall, tim Daihatsu akan mengarahkan untuk booking servis penggantian fuel pump.

“Proses perbaikan bisa ditunggu, kurang lebih dua jam. Seluruh proses penggantian gratis. Pelanggan kita tidak dikenakan biaya sepeser pun terkait part maupun jasanya,” tegas Bambang.

Untuk menyiapkan kampanye recall fuel pump ini, Daihatsu sudah menyiapkan 160 bengkel resmi di seluruh Indonesia. Bengkel resmi Daihatsu itu dapat melakukan pemeriksaan dan penggantian komponen motor fuel pump.

(SDF)