Seminggu PPnBM Berlaku, Toyota Vios Laku 212 Unit, Cicilan Rp4 Juta Per Bulan

Otonesia.id, Ternyata Toyota Vios menjadi salah satu mobil yang paling diburu sebab berlakunya program PPnBM 0 persen.

Seminggu pertama relaksasi ini diberlakukan (1-8 Maret), Toyota Vios bisa terjual hingga ratusan unit. Padahal di bulan Februari pada periode yang sama, penjualan mobil sedan ini bisa dihitung jari.

“Vios naik lebih besar, karena biasanya SPK tidak terlalu banyak. Di Februari (SPK) tanggal 1-8 hanya 6 unit, sementara di Maret (periode yang sama) SPK Vios mencapai 212 unit,” kata Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy dikutip Detik Oto.

Mengutip situs resmi Toyota Astra, Toyota Vios paling murah dibanderol Rp 252,4 juta untuk tipe E M/T, lalu tipe E CVT harganya Rp 265,4 juta, varian G M/T Rp 268,9 juta, dan termahal G CVT Rp 281,6 juta. Harga Toyota Vios mengalami penurunan hingga Rp 65,25 juta.

Diskon PPnBM Toyota Vios dibanding 20 merek mobil lainnya memang sangat besar. Alasannya, sedan seperti Toyota Vios dikenakan PPnBM 30%.

Sedang mobil lain yang kebanyakan kelas low MPV dan low SUV, PPnBM-nya hanya 10%. Jadi kalau PPnBM itu dibebaskan, sudah pasti Vios mendapat potongan harga signifikan.

Dengan potongan harga yang cukup besar itu, tentunya menarik melihat simulasi uang muka dan biaya angsuran per bulan jika ingin membeli sedan entry level itu, dengan skema kredit.

Kami mencoba melihat simulasi kredit Toyota Vios melalui penghitungan laman resmi Auto2000. Sebelumnya perlu diketahui, harga mobil yang tercantum di website APM (Agen Pemegang Merek) dan website dealer resmi seperti Auto2000 biasanya berbeda.

Ambil contoh untuk Toyota Vios model E M/T di website Auto2000, harganya sekitar Rp 244,4 juta. Jika ingin membeli mobil ini secara kredit, dengan uang muka 30% dan masa angsuran 60 bulan (5 tahun), maka dikenakan uang muka Rp 73,3 juta dan cicilan per bulan Rp 4 jutaan.

Varian tertinggi Toyota Vios G CVT, di website Auto2000 harganya sekitar Rp 273,6 juta. Jika ingin membeli mobil ini secara kredit, dengan uang muka 30% dan masa angsuran 60 bulan (5 tahun), maka dikenakan uang muka Rp 82 juta dan cicilan per bulan Rp 4,4 juta.

Seperti diketahui, Toyota Vios jadi satu-satunya sedan yang mendapat keringanan PPnBM 0%. Soalnya, Toyota Vios jadi satu-satunya mobil sedan 1.500 cc yang diproduksi di dalam negeri dengan komponen lokal di atas 70%.

Sisanya, sedan dengan mesin ≤ 1.500 cc seperti Honda City dan Honda Civic tidak dapat diskon pajak karena masih impor utuh dari Thailand.

(SDF)