Jalan Tol Medan-Binjai dan Tanjung Mulia-Marelan Resmi Beroperasi

Otonesia.id, Jalan Tol Medan-Binjai Seksi 1 (Tanjung Mulia-Helvetia) segmen junction Tanjung Mulia-Marelan sepanjang 4,2 kilometer resmi beroperasi Kamis (11/3/2021) pukul 07.00 WIB.

Izin operasi jalan tol tersebut telah keluar berdasarkan Surat Keputusan (SK) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 260/KPTS/M/2021 tanggal 3 Maret 2021.

Tol Medan Binjai ini terintegrasi langsung dengan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi (MKTT) dan ruas Belawan-Medan-Tanjung Morawa (Belmera).

“Sosialisasi pelaksanaan integrasi ini sudah dilakukan melalui rambu elektronik yang ada di sepanjang ruas MKTT maupun Belmera,” ujar Operation Management Department Head Regional Jasa Marga Nusantara Tollroad Division Taufiqul Hidayat di Medan, Kamis (11/3/2021).

Dia menyampaikan, berdasarkan realisasi volume lalu lintas saat junction Tanjung Mulia dibuka fungsional pada operasi Libur Natal-Tahun Baru Tahun 2020, rata-rata per hari mencapai 6.063 kendaraan dari Tol Belmera dan MKTT yang melintas ke Tol Medan-Binjai (Mebi).

“Layanan yang maksimal memang sudah seharusnya diberikan kepada pengendara. Dengan terintegrasinya ruas Tol MKTT dan Belmera ke Mebi kali ini, akan semakin meningkatkan kenyamanan masyarakat pengguna jalan tol wilayah Medan dan sekitarnya,” kata Taufiqul dikutip Inews.

Dia mengimbau agar pengendara dapat mengantisipasi perjalanan sebelum memasuki jalan tol untuk memastikan saldo uang elektronik cukup dengan mempertimbangkan tarif jarak terjauh.

Tentunya agar perjalanan tidak terhambat karena harus melakukan top up di gerbang tol, serta mematuhi rambu-rambu dan arahan petugas serta istirahat jika lelah berkendara.

“Untuk informasi lalu lintas dan keluhan dapat dapat menghubungi Call Center 14080,” ucapnya.

(SDF)