Honda Jazz Stop Produksi Digantikan City Hatcback, Ini Perbedaannya

Otonesia.id, Honda City Hatcback telah resmi mengaspal di Indonesia menggantikan eksistensi 18 tahun Honda Jazz. Pertanyaannya, apa beda antara dua jenis mobil berbeda itu?

Honda City Hatchback berbeda dengan Jazz. Mobil ini bisa dikatakan mewarisi sebagian besar DNA City sedan dan tidak ada hubungannya dengan Jazz terbaru yang meluncur di Jepang sejak 2019 silam.

Dalam peluncurannya pihak PT Honda Prospect Motor (HPM) mengatakan bahwa Jazz terbaru dinilai kurang pas dengan profil pasar di tanah air dan sebaliknya, City Hatchback dirasa paling cocok dengan selera pasar.

Apa perbedaan besar keduanya? Karena City Hatchback hanya tersedia dalam varian RS, maka kita akan bandingkan dengan Jazz RS.

Dari segi dimensi City Hatchback punya ukuran (PxLxT) 4.345mm x 1.748mm x 1.488mm, wheelbase 2.600 mm dan pijakan roda depan/belakang 1.495 mm/1.483mm.

Artinya mobil ini punya dimensi lebih besar dibanding Jazz yang berukuran (PxLxT) 4.035mm x 1.694mm x 1.524mm, wheelbase 2.530mm dan pijakan roda depan/belakang 1.476mm / 1.466mm

Dengan demikian City hatchback lebih panjang dan lebar namun kalah dalam tinggi. Akan tetapi punya wheelbase lebih panjang dan pijakan roda yang lebih lebar dari Jazz.

Kesimpulan sementara, mobil ini mampu memberikan ruang kaki yang lebih baik, terutama penumpang belakang, tapi kemungkinan ruang kepala akan berkurang lantaran atap yang lebih landai.

Di sektor mesin, Honda memberikan mesin baru dengan teknologi Double Overhead Camshaft (DOHC) di mana mesin sebelumnya masih mengandalkan model single overhead camshaft (SOHC).

Mesin baru ini punya kapasitas mesin 1 cc lebih besar dibanding sebelumnya dan mampu mengelontorkan daya 121 PS/6.600 rpm alias 1 PS lebih besar.

Sementara untuk torsi berada di angka 145 Nm/4.300 rpm, alias berada di angka yang sama namun diraih pada putaran mesin yang lebih rendah. Torsi Jazz diukir di 145 Nm/4.600 rpm.

Pihak Honda mengklaim bahwa perubahan ini akan memberi sensasi mengemudi yang lebih baik dan juga lebih hemat bahan bakar.

Redaksi Otonesia.id sendiri sudah menerima informasi unit City Hatcback akan hadir ke Kota Medan dalam waktu dekat ini dan akan segera dipamerkan.

Saat itu Otonesia.id akan melakukan first impression dan review juga tes drive. Kita tunggu saja updatenya.

(SDF)