Jangkung, Ini Daftar Lima Mobil Anti Banjir, Ada Ignis

Otonesia.id, Di beberapa wilayah Indonesia sering terjadi banjir. Bagi Anda yang selalu berkegiatan dengan mobil pasti ngeri saat akan menerobos banjir.

Redaksi Otonesia.id coba merangkum lima mobil yang dianggap sanggup melewati genangan banjir sebab ketinggian dimensinya.

Namun batas banjir di sini tentu saja yang masih menggenang bukan banjir yang sampai menenggelamkan rumah.

1. Mitsubishi Pajero

Mitsubishi Pajero ini memiliki dimensi yang cukup besar, yaitu 4.695 mm x 1.815 mm serta ground clearance 218 mm. Inilah salah satu alasan mengapa mobil ini tahan akan banjir.

Selain itu, mobil tersebut dilengkapi dengan pelek ring 17 dan dibalut ban berukuran 265/65 yang akan memberikan cengkraman maksimal saat melewati banjir.

2. Toyota Fortuner

Mobil satu ini memiliki bodi yang hampir mirip dengan Pajero. Dengan dimensi yang besar serta ground clearance yang tinggi, sudah tidak diragukan lagi ketangguhan mobil yang satu ini. Fortuner memiliki ground clearence 225 mm lebih tinggi dari Pajero.

3. Nissan Xtrail

Selain Mitsubishi dan Toyota, Nissan juga mempunyai mobil yang bisa diajak melibas banjir, yaitu Xtrail. Mobil bergenre SUV ini selain memiliki ground clearance yang tinggi juga dibekali suspensi yang dikenal sangat nyaman. Sehingga kamu bisa melibas banjir tanpa was-was. Xtrail punya ground clearence 210 mm.

4. Toyota Rush

Toyota Rush juga bisa diajak menerjang banjir. All New Toyota Rush memiliki jarak pijak ke tanah yang cukup tinggi, yakni 225 mm.

Selain itu mobil ini juga dilengkapi Macpherson Strut with Coil Spring & Stabilizer dan 4 Link with Coil Spring & Lateral Rod handling yang mempermudah handling saat melewati wilayah banjir.

5. Suzuki Ignis

Tak disangka Suzuki Ignis yang terbilang mobil kecil memiliki ground clearance cukup tinggi di kelasnya, yaitu 180 mm atau 18 cm. Mobil ini lebih tinggi daripada city car pada umumnya lho, yang biasanya memiliki ground clearance sekitar 150-165 mm.

Bukan itu saja, Ignis juga meletakkan air intake atau lubang udara ke mesin di posisi yang cukup tinggi, 700 mm atau 70 cm. Catatan ini, seharusnya cukup untuk menjamin Ignis aman digunakan menerjang banjir dengan kedalaman tak lebih dari 70 cm.

(sdf)