Cara Kerja Dan Fungsi Scanner Mobil, Simak Disini

Otonesia.id – Saat ini mobil modern telah dilengkapi fitur canggih untuk mengetahui kerusakan yang terjadi, salah satunya yaitu Scanner Mobil.

Kali ini kita akan membahas Cara Kerja dan Menggunakannya, tentu saja jika anda mengalami masalah pada kendaraan anda, bisa diketahui dengan menggunakan alat ini.

Fungsi Scanner Mobil Ketahui Secara Akurat

Scanner pada mobil merupakan alat canggih yang berbentuk tab bisa menampilkan kode-kode kesalahan pada mobil anda.

Hal ini sangat penting untuk mengetahui berbagai masalah yang terjadi pada kendaraan anda, mulai dari mesin, transmisi dan pengereman.

Dengan menggunakan scanner, pemilik kendaraan bisa mengetahui dengan cepat dan akurat mengenai apa yang terjadi pada mobil anda, inilah Fungsi Scanner Mobil.

Mobil Modern saat ini telah dilengkapi dengan sensor-sensor yang terhubung pada dalam mobil, yang bisa mengirimkan informasi kepada scanner, dan anda bisa mengartikan data tersebut.

Cara Kerja Scanner Mobil

Saat anda menyambungkan scanner ke OBD-II (On Board Dianostic) yang ada pada kendaraan, scanner akan membaca dan menampilkan hal yang terjadi pada mobil anda.

Setelah itu, Scanner akan membaca kode kesalahan yang dihasilkan oleh kendaraan, Scanner tidak hanya memberikan kode tanpa solusi.

Scanner modern akan memberikan deskripsi singkat mengenai masalah tersebut dan memberikan langkah perbaikan yang harus dilakukan.

Perlu diingat, bahwa penggunaan scanner juga membutuhkan keahlian agar maksimal, tentu saja anda bisa mealkukannya bersama teknisi spesialis untuk mengetahui kode kesalahan yang terjadi pada mobil anda.

Kesalahan Umum saat Menggunakan Scanner Mobil

Meskipun scanner mobil merupakan alat berguna terjadi kesalahan yang bisa terjadi, jika anda menggunakannya namun terlatih hal ini bisa mengakibatkan pengartian yang salah.

Salah satu scanner mobil memiliki cara penggunaan yang berbeda dan manual penggunaan merupakan panduan yang penting.

Nah itulah Fungsi Scanner Mobil, Jika anda ingin memiliki keahlian untuk otomotif mobil, tetapi bingung tempat pelatihan, anda bisa datang ke Domo Academy.

Dapatkan sertifikat jika anda mengikuti kursus pelatihan bersama Domo Academy dan kesempatan dilatih bersama trainer ahli dibidangnya.

Anda bisa mengikuti beberapa program kursus mekanik, mulai dari mekanik ac, Transmisi, engine tune up, anti karat, dan coating & detailing.

(sdf/otonesia.id)