Mitsubishi XForceTak Punya Panoramic Roof, Ini Alasannya

Otonesia.id, Jakarta – Mitsubishi XForce tak punya panoramic roof atau sunroof karena pabrikan berupaya memerhatikan bobot dari model kendaraan tersebut. Dengan bobot lebih ringan harapannya konsumsi bahan bakar yang irit bisa dikejar. Mitsubishi XForce tak punya panoramic roof atau sunroof karena pabrikan berupaya memerhatikan bobot dari model kendaraan tersebut.

Hal itu disampaikan Atsushi Kurita, President Director PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) dalam keterangannya, Kamis (11/1/2024).

“Kami punya mobil yang sudah dilengkapi dengan panoramic roof dan konsumsi bahan bakarnya sedikit terpengaruh karena penggunaan panoramic roof. Itu alasan kami akhirnya tidak menggunakan panoramic roof,” katanya.

Sebelumnya, Atsushi Kurita menjelaskan sebenarnya bukan sesuatu yang sulit bagi pihaknya jika ingin memberikan fitur tersebut pada XForce. Mengingat Mitsubishi sudah punya model kendaraan lain yang memilikinya.

“Di Jepang kami punya Outlander Sport yang punya panoramic roof, jadi secara teknikal kami tidak punya kesulitan untuk memasang panoramic roof,” sambungnya.

Memaksimalkan Hasil Suara Sound System

Atsushi Kurita melanjutkan alasan lain XForce tidak punya panoramic roof juga berkaitan dengan sound system yang digunakan. Varian tertinggi mobil ini memiliki fitur unggulan yang salah satunya Premium Sound Yamaha.

Hasil suara dari sound system tersebut diyakini bakal lebih maksimal di kabin tanpa panoramic roof atau semacamnya. Selain itu, tanpa adanya panoramic roof berarti ruang kepala yang tersedia bagi penumpang juga maksimal.

“Karena kami memiliki sistem audio premium dari Yamaha. Untuk mendapatkan performa yang baik dan ruangan yang nyaman akan sangat mungkin tanpa panoramic roof. Begitu juga dengan ruangan yang lebih lega,” ungkapnya.

Meski demikian, Mitsubishi tetap berupaya mendengarkan permintaan pasar melalui studi-studi yang dilakukannya. Atsushi Kurita menyebut bukan sesuatu yang mustahil bagi pihaknya untuk memberikan fitur tersebut jika diperlukan pada masa yang akan datang.

Sebagai informasi, XForce merupakan produk terbaru dari Mitsubishi yang resmi meluncur Agustus 2023. Mobil ini bermain di segmen Sport Utility Compact (SUV) dengan harga jual Rp379,9 juta hingga Rp412,9 juta on the road DKI Jakarta.

Tidak adanya panoramic roof sempat menjadi perhatian ketika mobil ini meluncur karena rival-rivalnya justru menawarkan fitur tersebut.