ini Dia 10 Daftar Mobil Tercepat Dunia

Otonesia.id – Pada umumnya, mobil akan melaju dengan kecepatan 170 km/jam. Tapi, tahukah Anda kalau ternyata ada mobil tercepat di dunia yang melaju lebih cepat dari rata-rata kecepatan mobil pada umumnya.

Kecepatan adalah salah satu hal yang menarik untuk diperhatikan oleh manusia sepanjang peradabannya, termasuk pada era modern yang kerap menyoroti mobil apa yang tercepat di dunia. Predikat mobil tercepat di dunia sementara ini dipegang oleh Koenigsegg Jesko Absolut.

Mobil asal pabrikan Swedia ini menjadi mobil produksi massal tercepat di dunia dengan kecepatan maksimal hingga 541 km per jam (330 mph).

Lalu mobil apa saja yang melaju dengan kecepatan tertinggi di dunia? Nah, berikut ini kami sajikan daftar 10 mobil tercepat di dunia.

Koenigsegg One:1

Peringkat ke-10 ada hypercar super kencang Koenigsegg One:1 yang disebut-sebut memiliki top speed hingga 439,35 km per jam (273 mph).

Kemampuan tersebut didapat dari mesin V8 twin-turbocharged yang juga dibenamkan pada Agera R. Mesin tersebut dikawinkan dengan sistem transmisi dual-clutch 7 percepatan. Koenigsegg One:1 bukan hanya cepat, tapi juga langka di dunia karena hanya diproduksi sebanyak 7 unit.

Kabarnya, mobil seharga 2,85 juta dolar AS ini hanya ada 1 di Amerika, 2 di Eropa, dan sisanya tersebar di Asia.

Koenigsegg Agera RS

Agera RS merupakan versi terkuat dari Agera yang sebelumnya sempat menjadi mobil tercepat di dunia pada 2017 dengan rata-rata kecepatan 447,2 km per jam (277,9 mph) sebelum rekor tersebut pecah kurang dari 2 tahun.  Meskipun produksi Agera tidak dibatasi, tapi untuk versi Agera RS hanya dibuat sebanyak 25 unit saja di seluruh permukaan bumi.

Harga Koenigsegg Agera RS dikabarkan mencapai 2,5 juta dolar AS.

Czinger 21C

Mungkin merek mobil ini jarang terdengar karena memang tidak setenar Koenigsegg maupun Bugatti atau mobil kencang asal Italia; Ferrari atau Lamborghini. Czinger bermarkas di Los Angeles merupakan merek mobil hasil kerja sama ayah dan anak yang nekat memproduksi semua komponen sendiri.

Czinger 21C dijejali mesin Twin-turbo 2.9-Liter flat plane V-8 ditambah 3 motor elektris untuk mencapai top speed 281 mph. Berkat mesin tersebut, 21C memiliki tenaga hinga 1.250 hp dengan harga 2 juta dolar AS. Czinger 21C sendiri kabarnya diproduksi sebanyak 80 unit saja.

SSC Tuatara

SSC Tuatara pernah menyandang mobil tercepat di dunia pada Oktober 2020 setelah dilakukan pengetesan yang dinilai cukup kontroversial. Pasalnya, pengetesan untuk mencapai akselerasi puncak, Tuatara melakukannya dalam 2 kali percobaan.

Sayang, pada percobaan kedua tidak sebaik yang pertama dengan hasil resmi 454,8 km per jam (282,6 mph), cukup untuk menggeser Koenigsegg Agera RS dan mengalahkan Bugatti Chiron Super Sport 300+ sebagai mobil terkencang.

Koenigsegg CC850

CC850 didasarkan pada Jesko, menggunakan suspensi multilink yang sama di bagian depan dan belakang, termasuk shock hidrolik dan gas-hidrolik. Transmisi otomatis 9 percepatan mengirimkan torsi ke ban penggerak belakang, dan Sistem Engage Shifter memungkinkan pengemudi untuk mengubahnya menjadi transmisi manual.

Mesin Koenigsegg CC850 berspesifikasi Twin turbo 5.0 liter V8 berkekuatan 1.385 Hp. Tidak ada catatan spesifik mengenai top speed-nya, tapi dipercaya berada di atas 482,8 km per jam (300 mph).

CC850 dibanderol 3,65 juta dolar AS dan diproduksi sebanyak 70 unit.

Bugatti Chiron Super Sport 300+

Bugatti Chiron varian standar hampir memecahkan rekor sebagai mobil tercepat di dunia dengan top speed sekitar 261 mph. Lantaran pabrikan asal Prancis berambisi membuat rekor baru, mereka pun melakukan serangkaian modifikasi.

Mulai dari menggunakan mesin super kencangnya milik Centodieci berkapasitas 1.578 Hp, gear ratio yang lebih panjang, serta paket aerodinamika yang lebih dioptimalkan. Dengan demikian mobil tersebut yang diberi nama Bugatti Chiron Super Sport 300+ berhasil menyentuh top speed 490,36 dolar AS (304,7 mph).

Mobil ini diproduksi sebanyak 30 unit saja dengan estimasi harga 3,8 juta dolar AS.

SP Automotive Chaos

Mobil tercepat di dunia peringkat berikutnya adalah SP Automotive Chaos dengan bekalan mesin twin-turbo 4.0 L V10. Mesin sangar ini diklaim mampu memuntahkan tenaga sebesar 3.065 Hp dengan top speed menyentuh 498,89 km per jam (310 mph).

Harga SP Automotive Chaos ditaksir sebesar 14,4 juta dolar AS yang diproduksi cukup banyak, yakni 100 unit.

Bugatti Bolide

Hypercar yang sempat dibahas di atas ini rupanya ‘hanya’ menempati posisi tiga sebagai mobil tercepat di dunia hingga saat ini. Mesinnya berspesifikasi Quad-turbo 8 L W16 berkekuatan 1.825 Hp yang diklaim mampu menyentuh top speed hingga 500 km per jam (311 mph).

Bugatti Bolide diprediksi dijual dengan harga 4,3 juta dolar AS yang tersedia hanya dalam 40 unit di seluruh dunia.

Hennessey Venom F5

Hennessey Venom F5 memilki performa garang dengan desain elegan yang tercermin dari namanya, “Venom”. Betapa tidak, Venom F5 memiliki mesin sebesar 6,6 L twin turbo V8 yang mampu menyemburkan tenaga hingga 500,5 km per jam (311 mph).

Venom F5 kabarnya hanya dibuat sebanyak 24 unit dengan banderol 2,1 juta dolar AS.

Koenigsegg Jesko Absolut

Peringkat 1 dari deretan mobil terkencang di dunia dihuni oleh Jesko Absolut. Untuk lebih jelasnya terkait spesifikasi Jesko Absolut bisa cek kembali ulasan kami di atas.

(sdf/otonesia.id)