Kesaksian Dealer Toyota di Tuban Mobilnya Dibeli Warga Satu Kampung, Tak Ada yang Pilih Avanza

Otonesia.id, Dealer Toyota Auto 2000 di wilayah Tuban, Jawa Timur kebanjiran pesanan mobil dari warga Desa Sumurgeneng, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban.

Bila ditotal, pesanan warga mayoritas petani yang mendadak kaya karena proyek pembebasan lahan itu disebut mencapai lebih 130 mobil.

Branch Manager Auto 2000 Tuban Arie Soerjono mengatakan mobil paling banyak dipesan kelas menengah atas seperti Innova dan Fortuner. Harga baru Fortuner saat ini mulai Rp509,9 juta- Rp709,5 juta, sementara Innova Rp339,6 juta- Rp442,9 juta.

“Segmennya yang dibeli itu lebih ke Innova ke atas. Tapi Innova juga yang Venturer [varian tertinggi] kebanyakan,” kata Arie seperti dikutip cnnindonesia.com.

Namun uniknya, menurut Arie sangat jarang warga sekampung yang rata-rata sebagai petani itu memilih Avanza, mobil terlaris Toyota di Indonesia, karena harganya lebih terjangkau. Kata dia dari ratusan unit pesanan mungkin hanya satu atau dua unit yang memilih Avanza.

“Paling Rush, kalau Avanza cuma satu, dua. Ya karena kan duit yang mereka terima cukup besar, jadi segmen yang diambil kebanyakan high juga. Dan yang paling mahal itu di kita Fortuner,” ungkapnya.

Arie mengatakan pihaknya tak terlalu kewalahan melayani ratusan pesanan dari desa tersebut sebab pemesanan mobil dilakukan bertahap sejak April 2020 mengikuti gelombang pencairan uang.

“Tapi itu berjenjang. Karena mereka pencairan dana ada gelombangnya. Sehingga tidak langsung. Seperti mungkin bulan ini masuk 10, kemudian bulan depan 20 dan sebagainya. Jadi pesanan pertama itu dari April 2020, dan viralnya memang baru kemarin,” katanya.

Arie mengungkap untuk memenuhi pesanan pihaknya tidak jarang mengakali menggunakan stok dari dealer area lain yang mungkin penjualannya turun sebab pandemi Covid-19.

“Jadi penjualan dari area lain turun, nah unitnya bisa supply yang ada di sini. Jadi kami tidak ada kendala, seperti kekurangan stok,” ucap Arie.

Warga sekampung di Tuban membeli mobil baru jadi viral pada awal pekan ini lantaran video truk mengangkut puluhan unit pesanan mereka muncul di media sosial. Video yang diunggah pada Minggu (14/2).

(SDF)