Chery Omoda E5 Bakal Jadi Mobil Listrik Pertama Yang Dirakit di Indonesia

Otonesia.id – Cherry Omoda E5 menjadi salah satu kendaraan listrik pertama yang nantinya menjadi mobil pertama dirakit di Indonesia.

Pabrikan yang bermarkas di Wuhu, China, itu memang akan menjadikan Indonesia sebagai basis produksi untuk ekspor mobil-mobil setir kanan. Chery juga sudah melengkapi pabrik perakitan dengan peralatan canggih guna mendukung produksi mobil listriknya di Indonesia.

Produksi Omoda E5 ini dijalankan tepat waktu sesuai yang sudah direncanakan untuk dapat memenuhi jadwal pendistribusian kepada para pemesan yang akan dilakukan pada kuartal I tahun 2024. Namun, Chery belum mengumumkan harga resmi dari Omoda E5.

Kendaraan satu ini memang menarik, karena secara keseluruhan tidak akan jauh berbeda dengan versi globalnya. Hanya saja, ada sedikit pembaharuan agar menyesuaikan bagaimana konsumen Indonesia.

Beberapa Perbedaan yang Terlihat

Walaupun kendaraan ini di gadang-gadang tidak akan jauh berbeda dengan versi globalnya, namun ada satu fitur yang sengaja dihilangkan yaitu Vehicle to Load atau V2L. Jadi pengguna bisa mengisi berbagai perangkat elektronik dengan mudah.

Sayangnya, untuk pasar Indonesia, fitur tersebut tidak disertakan. Menurut salah satu Head of Marketingnya, Rifkie Setiawan, bagi pasar tanah air layanan itu memang dihilangkan karena belum dibutuhkan konsumen Indonesia.

Karena, sampai saat ini sumber daya utama dari masyarakat adalah listrik yang sudah mampu memenuhi segala kebutuhan mereka. Dengan begini pabrikan bisa memanfaatkannya ke fitur lain atau mengurangi harganya.

Ini yang Tetap Dipertahankan

Meskipun Cherry OMODA E5 akan dirakit di Indonesia, mobil ini tetap mempertahankan standar internasional. Baterai berkapasitas 61 kWh dan motor listrik penggeraknya mampu menghasilkan daya sebesar 221 dk dan torsi maksimum mencapai 340 Nm.

Sebuah layanan yang menurut kami cukup menarik dan memang sangat dibutuhkan untuk saat ini. Penggunaan jenis colokan CCS2 pada mobil ini mendukung pengisian daya cepat, memungkinkan baterai terisi hingga 85 persen hanya dalam waktu 35 menit.

Pabrikan juga menjadi mobil listrik setir kanan pertama yang diproduksi oleh Chery di seluruh dunia. Ini mencerminkan adaptasi Chery terhadap kebutuhan konsumen Indonesia yang biasa menggunakan setir di sebelah kanan, bagaimana semakin jatuh cinta bukan?

Dengan dimensi panjang 4.400 mm, lebar 1.830 mm, tinggi 1.588 mm, dan jarak sumbu roda sepanjang 2.630 mm, OMODA E5 memiliki desain yang kompak dan nyaman untuk penggunaan sehari-hari. Velg berukuran 18 inci memberikan sentuhan sporty dan modern pada tampilan keseluruhan.

Fitur Menarik Lainnya

Salah satu fitur menarik lainnya adalah layar dasbor sebesar 24,6 inci yang dibagi menjadi dua fungsi untuk head unit dan panel instrumen. Ini menunjukkan komitmen Chery dalam memberikan pengalaman berkendara yang modern dan terkoneksi dengan teknologi terkini.

Pengemudi juga dapat menikmati berbagai fitur, termasuk pilihan mode berkendara yang disesuaikan dengan preferensi pengguna. Satu hal menarik, dapat dimanfaatkan dengan baik sesuai dengan kondisi waktu di jalan nanti.

Dalam hal keselamatan, Chery OMODA E5 tidak ketinggalan dengan dilengkapi berbagai fitur keselamatan aktif atau Advanced Driver Assistance Systems (ADAS). Terdapat 14 paket fitur di dalamnya, memastikan perlindungan dan kenyamanan maksimal bagi pengemudi dan penumpang, jadi kalau terjadi resiko masih aman.

Rifkie Setiawan juga memberikan informasi tentang pilihan jarak tempuh, dengan varian 450 kilometer dan varian 700 kilometer. Mau pilih mana saja tetap menarik, karena tidak perlu harus bolak-balik charge terutama saat mudik.

Ini menunjukkan fleksibilitas mobil listrik ini dalam memenuhi berbagai kebutuhan mobilitas, baik untuk penggunaan sehari-hari maupun perjalanan jarak jauh. Sebuah penawaran yang tidak boleh Anda lewatkan sama sekali, karena bisa menang banyak.

Dengan langkah ini, Chery tidak hanya berkontribusi pada perkembangan industri otomotif nasional tetapi juga membuka peluang ekspor mobil listrik buatan Indonesia ke pasar regional. Harapannya bukan hanya Asia Tenggara saja, tetapi bisa lebih mendunia.

Chery OMODA E5 menjadi simbol kemajuan dan adaptasi terhadap kebutuhan konsumen Indonesia yang semakin sadar akan pentingnya mobilitas berkelanjutan. Terlebih lagi pabrikan memberikan kelengkapan ADAS.

(sdf/otonesia.id)