Sudah 180 Mobil Baru Dibeli Warga Sekampung, Apa Saja Jenis Mobil yang Dibeli?

Otonesia.id, Desa Sumurgeneng, Kecamatan Jenu Jawa Timur jadi buah bibir masyarakat Indonesia setelah video viral warganya beramai-ramai membeli mobil. Sampai hari ini (17/2/2021) tercatat sudah 180 mobil baru dibeli warga Desa Sumurgeneng.

Meski jadi buah bibir satu Indonesia, namun bagi warga Sumurgeneng, ternyata fenomena itu bukan sebuah hal baru. Sampai Selasa (16/2), tercatat sudah ada 180 mobil yang telah dibeli warga di desa tersebut.

Kepala Desa Sumurgeneng Gianto menyebutkan, semua itu berawal dari uang hasil pembebasan lahan warga untuk pembangunan kilang Grass Root Refinery (GRR) Tuban cair setahun lalu. Sejak itu warga rutin berbelanja barang mewah, terutama kendaraan.

Bahkan, ada yang mobil berharga di atas Rp 500 juta. ”Kejadian mobil datang 15 sampai 20 sekaligus sebenarnya sudah beberapa kali, tapi baru viral sekarang ini,” dikutip jawapos.com.

Tangkapan layar video viral warga satu kampung membeli mobil

Menurut Gianto, warganya yang menjadi orang kaya baru (OKB) bingung menghabiskan uang miliaran yang didapat dari pembebasan lahan. Mereka lebih memilih membeli barang-barang konsumtif.

”Ada yang dapat Rp 24 miliar hingga Rp 26 miliar per kepala,” kata dia.

Nah, apa saja merk mobil yang dibeli warga sekampung di Desa Sumurgeneng itu? Dari pantauan redaksi Otonesia.id dari video yang beredar, diketahui warga sekampung itu membeli mobil jenis Toyota Innova Reborn TRD. Ada juga yang membeli Toyota Rush TRD.

Tampak juga di truk yang membawa mobil baru itu Mitsubishi Expander. Honda HRV juga ada yang dibeli warga sekampung itu. Toyota Calya juga tak ketinggalan dibeli warga sekampung setelah cair dari penjualan tanah.

Ada juga mobil Mitsubishi L300, Daihatsu Grandmax. Bahkan banyak juga yang membeli Toyota Fortuner. Innova Venturer juga banyak dipesan warga satu kampung yang tanahnya dibeli perusahaan kilang minyak.

(SDF)