6 Tanda Wiper Mobil Kamu Wajib Ganti!

Otonesia.id – Wiper mobil memiliki peran penting ketika sedang musim hujan, berfungsi untuk menyeka air pada kaca mobil depan dan belakang memudahkan penglihatan kamu sedang berkendara dalam hujan.

Wiper mobil merupakan komponen mobil yang bersifat terkikis karena sering digunakan, sehingga harus diganti dalam jangka waktu tertentu. Biasanya bertahan hingga 1 tahun, tergantung seberapa sering kamu memakainya.

Nah sebelum wiper rusak dan akhirnya bisa membahayakan kamu yang sedang berkendara saat hujan deras hingga kaca Kamu rusak, berikut 6 tanda wiper mobil kamu harus ganti.

1. Karet Wiper Mobil Retak atau Rusak

Karet wiper menjadi salah satu bagian yang mesti sering diganti. Alasan utamanya karena paling sering bersentuhan dengan kaca mobil. selain itu efek paparan sinar UV juga dapat merusak karet wiper seiring berjalannya waktu.

kondisi karet yang sudah retak, robek atau keras membuatnya tidak mampu menekan kaca secara sempurna dan merata. akibatnya  pembersihan kaca mobil saat hujan tidak lagi maksimal.

2. Terdengar Bunyi Berdecit

Pernah mendengar bunyi berdecit dari wiper mobil anda saat digunakan? Munculnya bunyi yang tidak biasa ini karena bagian plastik dari wiper mobil sudah tertekan dan terseret pada kaca disebabkan karet wipernya yang sudah tidak lagi bekerja.

3. Rangka Wiper Rusak atau Bengkok

Rangka wiper yang rusak atau bengkok dapat membuat kinerjanya tidak maksimal. Sehingga kaca tidak akan bersih sepenuhnya, karena akan ada beberapa bagian dari permukaan kaca mobil yang tidak mampu dibersihkan oleh wiper.

Untuk melihat rangka wiper rusak atau bengkok, Kamu bisa nyalakan wiper dengan kecepatan yang paling rendah. Jika wiper bengkok maka akan ada permukaan kaca mobil yang tidak di bersihkan sama sekali.

4. Wiper Bergerak Lambat

Penyebab wiper bergerak dengan lambat biasanya disebabkan karena sistem penggerak yang kotor. Hal ini berdampak pada arus listrik. Bisa juga karena karet wiper sudah keras atau sudah tidak bagus lagi, maka saat wiper dinyalakan, gerakannya saat menyapu air tidak akan lancar.

5. Timbul Garis Air di Kaca Mobil

Tanda wiper mobil Kamu harus diganti selanjutnya yaitu jika sudah timbul garis air. Hal ini bisa diketahui ketika wiper sedang dinyalakan. Apabila kinerja wiper malah menimbulkan garis air, maka Kamu harus mewaspadainya. Karena efeknya, penglihatan Kamu akan cenderung lebih sulit karena terhalang oleh garis air tersebut.

Jangan sampai pandangan terganggu ketika sedang membawa mobil. Dengan mengganti karet, maka Kamu tetap bisa fokus dalam melihat jalanan ketika sedang hujan.

6. Perekat Karet Wiper Rusak

Perekat karet wiper berfungsi untuk menahannya ke bagian rangka. Jika perekat ini rusak maka kinerja wiper tidak lagi maksimal. Dalam proses kerjanya akan meninggalkan beberapa area yang tidak mapu dibersihkan lagi.

Nah itu dia 6 tanda wiper mobil kamu harus ganti. Jangan biarkan kondisi wiper tetap rusak dalam jangka waktu yang lama karena dapat merugikan dan membahayakan nyawa saat kamu sedang berkendara di tengah hujan.

Dikutip dari berbagai sumber. (sdf/otonesia.id)