Rifat Sungkar Juara APRC 2022 di Danau Toba, Wagub Sumut?

Otonesia.id, Prapat- Pereli nasional, Rifat Sungkar, keluar sebagai juara Asia Pasific Rally Championship (APRC) Danau Toba tahun 2022. Sementara Wakil Gubernur Sumatera Utara, Musa Rajekshah (Ijeck) sebagai runner up.

Kegiatan tersebut secara resmi ditutup Federation Internationale de I’Automobile (FIA), Steward, Minggu (25/9/2022).

Rifat Sungkar bersama co-driver Benjamin Searcy dari Mitsubishi Xpander Rally Team mencatat total waktu dari SS 1 sampai SS 12 02:02:24.1. Sementara itu Ijeck bersama co-driver Hervian Soejono dari Bla Bla Bla Motorsport tercepat kedua dengan waktu 02:04:13.0.

Disusul Ricardo Galael bersama co-driver Rony Maroun dengan total waktu 02:12:33.0 dan Atuy Faturahman bersama co-driver Achmad  Faisal dengan total waktu 02:13:19.1.

Sementara itu empat peserta lainnya tidak menyelesaikan pertandingan hingga SS 12 yang digelar di lintasan Hutan Tanaman Industri Sektor Nauli, Parapat termasuk Sean Galael dan Ryan Norwan.

Ijeck mengungkapkan rasa syukur atas perolehan waktu tercepat di APRC kali ini.

Menunggangi mobil barunya, Skoda Fabia, Ijeck dapat mendominasi catatan waktu di setiap SS dan keluar sebagai runner-up tercepat.

“Alhamdulillah, senang. Mobil aman dan tidak ada masalah,” kata Ijeck.

Sementara, Rifat Sungkar, menyampaikan strategi yang dipakainya dalam bertanding.

“Straregi yang kita pakai adalah kita mapping dulu di atas seperti apa, pesaing di bawah kita bagaimana dan di situ kita bisa tahu kapan harus kencang dan kapan harus lepas,” katanya.

Rifat memberi tips kepada para pereli muda untuk terus memperbanyak pengalaman, atau jam terbang.

“Karena dengan jam terbang mereka juga akan bisa menentukan strategi apa yang akan mereka pakai, karena terkadang pola pikirnya bagaimana cara nyetir kenceng sampai menang saja,  tapi tak tahu strateginya,” katanya.

Rifat mengaku, menikmati semua lintasannya, meskipun lintasan di Aek Nauli cukup kasar. “Trek ini layak untuk perhelatan WRC mendatang,” tutupnya. (Ram/otonesia)