11 Unit Mobil Listrik Buatan Toyota Mengaspal di Samosir

Otonesia.id, Samosir– Mobil listrik ramah lingkungan akan mewarnai pariwisata Samosir.

Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi optimis akan menambah daya tarik Pulau Samosir dan Danau Toba. Kehadiran mobil listrik ini di Samosir merupakan inisiasi PT Toyota Astra.

Perusahaan itu menjalankan Toyota EV Smart Mobility Project di Samosir setelah peluncuran perdana di Bali.

“Melalui proyek ini, Samosir akan terus mengembangkan ekowisata yang banyak menjadi pilihan wisatawan asing saat ini. Saya optimis Toyota EV Smart Mobility Project akan mendorong ekowisata di Samosir. Konsep ini selain ramah lingkungan juga menjadi pilihan banyak wisatawan manca negara dewasa ini,” kata Edy di Pantai Batu Hoda, Samosir, Selasa (19/7).

“Terima kasih untuk Toyota karena memilih Danau Toba setelah melaksanakan yang pertama di Bali. Kami harap ini juga berkembang ke kawasan wisata Sumut lainnya,” sambung Gubsu.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan, saat ini indeks pariwisata Indonesia berada di peringkat 32 dari 117 negara dalam Travel and Tourism Competitiveness Index (TTCI) tahun 2021, Indonesia naik 12. Di kawasan Asia Pasifik, Indonesia berada di urutan delapan meninggalkan Malaysia dan Thailand.

“Kemajuan kita sangat bagus, melewati Malaysia dan Thailand dan itu di saat pandemi. Saat ini pandemi mulai terkendali, jadi kesempatan kita lebih besar, kita maksimalkan itu termasuk mengembangkan ekowisata seperti saat ini,” kata Sandiaga.

Untuk saat ini ada 11 mobil listrik yang akan beroperasi di Samosir, 10 unit Full Battery Electric Vehicle yaitu Toyota C+Pod dan 1 unit Plug-In Hybrid Electric Vehicle (PHEV) yaitu Toyota Prius PHEV.

Ke-11 mobil ini bisa disewa untuk menikmati keindahan Danau Toba.

Bupati Samosir, Vandiko Timotius Gultom, berharap daya tarik Samosir semakin besar dengan hadirnya Toyota EV Smart Mobility Project. (ram/otonesia)