Sedih, Suzuki Cabut dari MotoGP di Akhir Musim

Otonesia.id- Ajang MotoGP musim depan dipastikan tanpa adanya tim pabrikan asal Jepang, Suzuki.

Pabrikan yang bermarkas di Hamamatsu itu mengaku tengah melakukan diskusi dengan Dorna untuk kemungkinan mengakhiri partisipasinya di ajang MotoGP pada akhir musim 2022.

Dalam pernyataannya mengatakan situasi kondisi ekonomi saat ini tidak memungkinkan pihaknya untuk melanjutkan kiprah di MotoGP. Suzuki juga mengaku akan berkonsentrasi dalam perubahan besar di dunia otomotif belakangan ini. Situasi tersebut memaksa Suzuki memangkas biaya untuk balap dan fokus mengembangkan teknologi baru.

Pernyataan tersebut juga sekaligus membenarkan rumor yang selama ini beredar. Sekadar informasi, Suzuki sebelumnya disebut tengah dihantui krisis finansial. Ditambah lagi Suzuki juga tidak memiliki sponsor utama.

Dibanding beberapa pabrikan, Suzuki disponsori oleh Ecstar. Ecstar merupakan perusahaan oli yang masih dinaungi oleh Suzuki sendiri. Ini berbeda dengan pabrikan sekelas Honda yang mendapat sokongan utama dari Repsol, Yamaha dari Monster, KTM dari Red Bull, dan Ducati dari Lenovo.

“Kami juga ingin mengucapkan terima kasih terhadap Suzuki Ecstar Team dan semua yang sudah mendukung aktifitas Suzuki di dunia balap beberapa tahun ini dan seluruh penggemar Suzuki yang memberikan dukungan luar biasa,” ungkap Suzuki dikutip laman resmi MotoGP, Kamis (12/5/2022).