Toyota All New Avanza Penggerak Roda Depan, Apa Kuat Nanjak?

Otonesia.id, All New Toyota Avanza resmi diluncurkan dan berubah total. Kini, Toyota Avanza menggunakan platform baru. Salah satu transformasinya adalah penggunaan penggerak roda depan (FWD).

Sebelumnya, sejak generasi pertama diluncurkan 2003 lalu, Toyota Avanza selalu setia dengan penggerak roda belakang (RWD). Padahal, hampir semua kompetitornya menerapkan penggerak roda depan. Baru tahun ini Toyota berani membawa perubahan besar dengan menerapkan FWD pada All New Avanza.

Direktur Pemasaran PT Toyota-Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy mengatakan, FWD maupun RWD memiliki plus-minus masing-masing.

“Tapi pastinya untuk Avanza dan Veloz terbaru ini kita mempertimbangkan tidak hanya masalah FWD atau RWD. Tapi banyak sekali pertimbangannya. Mulai dari masalah infrastruktur yang memang sekarang sudah lebih membaik, kemudian kondisi jalan di Indonesia, kemudian ini platform yang sama sekali baru tujuannya pasti lebih ringan bobotnya, lebih ekonomis, lebih irit, dan juga harus bisa memenuhi aturan terbaru CO2 tax (pajak berdasarkan emisi). Kita juga menargetkan tax bracket-nya di 15 persen,” kata Anton saat peluncuran All New Avanza dan All New Veloz secara virtual, Rabu (10/11/2021).

Anton menegaskan, dari segi mesin pun pastinya ada pembaruan. Toyota, sebut Anton, memberikan tuning untuk performa mesin dan transmisi barunya.

“Saya rasa harusnya kita melihat mobil ini sebagai satu kesatuan. Jadi satu kesatuan itu memberikan performance, economical, ramah lingkungan dan juga kenyamanan. Karena kami tahu produk ini adalah produk yang sangat disukai banyak segmen, banyak generasi dan banyak lokasi. Sehingga rasanya kombinasi produk inilah yang menjadi tren terbaru dan cocok untuk market Indonesia untuk saat ini,” jelas Anton.

Anton menyebut, masyarakat tak perlu berasumsi dulu soal kemampuan Avanza yang kini menjadi FWD. Dia mempersilakan konsumen untuk membuktikannya langsung dengan melakukan test drive.

“Kebetulan beberapa bulan lalu kita lakukan test drive di sirkuit yang ada di TMMIN (Toyota Motor Manufacturing Indonesia). Kita merasakan langsung perubahan yang sangat drastis antara Avanza lama dan Avanza baru dari overall. Performa mesin, transmisi, kenyamanan, climbing. Oleh karena itu kami tidak ragu untuk menyediakan unit test drive yang sangat lengkap. Sekarang menyediakan unit test drive setiap cabang minimal satu, supaya customer bisa melihat langsung dan merasakan,” ucap Anton.

“Sebenarnya bukan suatu hal yang baru. Karena memang di segmen ini pun rata-rata penggerak roda depan sudah cukup banyak,” sambungnya.

Banyak yang meragukan kemampuan FWD pada Avanza untuk menaklukkan tanjakan. Namun, Anton menegaskan konsumen tak perlu khawatir soal kemampuan mobil ini.

“Untuk masalah menanjak, kemampuan menanjak pun sudah dites baik oleh tim development, engineering, bahkan oleh tim TAM sendiri. Dan kita melihat tetap bisa memenuhi kebutuhan kondisi jalan di Indonesia,” jelasnya.

Lanjut Anton, untuk menaklukkan tanjakan, All New Toyota Avanza kini sudah punya fitur Hill Start Assist. Fitur itu akan menahan kendaraan saat berhenti di tanjakan sehingga tidak mundur.

“Jadi tidak hanya masalah FWD/RWD, tapi bagaimana tuning dari mesin, transmisi, teknologi yang ada di mobil ini mempermudah orang untuk melakukan akselerasi atau tanjakan. ECU sendiri pun sudah dikalibrasi menyesuaikan dengan kebutuhan domestik Indonesia,” katanya.

Menurutnya, dari sisi pengembangan dan engineering, Avanza ini dirancang untuk pasar Indonesia. Jadi, mobil ini sudah dirancang untuk 7 penumpang penuh, bukan sekadar 5+2 yang bangku baris ketiganya tergolong sempit.

“Jadi suatu keluarga penuh plus barang di belakangnya dan kita tes dengan menggunakan jalan di Indonesia. Mudah-mudahan dengan adanya produk ini bisa membuka pemikiran masyarakat, bawha kita tidak bicara FWD/RWD secara satu fitur, tapi kita melihat total keseluruhan dari performance produk ini. Mulai dari platformnya, engine-nya, transmisinya, ECU-nya, dan bagaimana kita mendesain supaya produk ini tidak hanya performanya lebih bagus, tapi juga nyaman. Karena itu dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia. Termasuk ke depan kita bicara produk-produk yang lebih ramah lingkungan, seluruh kombinasi itu kita rangkum dalam All New Avanza dan All New Veloz ini,” pungkas Anton dilansir Detik Oto.

(sdf)