Review Lengkap Toyota All New Avanza Terbaru 2021, Spesifikasi dan Harga

Otonesia.id, Toyota resmi meluncurkan All New Toyota Avanza yang memasuki generasi ketiga. MPV berjuluk mobil sejuta umat ini telah dirombak total. Salah satunya adalah transformasi platform dengan mengusung penggerak roda depan (Front Wheel Drive/FWD).

Toyota menjual All New Avanza ini dengan harga mulai dri Rp 206,2 juta sampai Rp 264,4 juta. Harga tersebut berlaku on the road DKI Jakarta. Harga itu masih berlaku insentif PPnBM sampai Desember 2021.

Toyota All New Avanza ini memiliki beberapa pilihan. Mulai dari mesin 1.300 cc sampai 1.500 cc. Pilihan transmisinya ada manual dan CVT. Bahkan, Avanza 1.5 G CVT ada versi Toyota Safety Sense (TSS), fitur canggih milik Toyota yang membuat berkendara lebih aman dan nyaman.

Apa saja yang baru dari All New Avanza ini?

Eksterior All New Avanza Berubah Total

Tampilan Avanza Veloz 2021 terbaru

Pertama dari segi tampilan. All New Toyota Avanza hadir dengan desain yang benar-benar baru. Toyota menonjolkan nuansa canggih dan dinamis. Kesan kokoh tercipta dari desain bumper depan yang bold dengan desain headlamp LED yang tajam dan panel chrome yang semuanya didesain untuk mempertegas kesan elegan dan aktif dari All New Avanza.

Siluet bodi All New Avanza dari samping lebih panjang dan rendah. Dibentuk dengan garis desain yang halus, tebal, dan kokoh membuat tampilannya semakin elegan. All New Toyota Avanza kini hadir dengan New Dashing Two Tone 16 Inch Alloy Wheel (1,5 G) dengan tema 3 dimensi kontemporer.

Di sisi belakang eksterior All New Avanza, ada New Fascinating LED Rear Combination with Backdoor Lamp yang All New Avanza tampil lebih modern dan lebar.

Dimensi All New Avanza memiliki panjang 4.395 mm, lebar 1.730 mm, dan tinggi hingga 1.700 mm, sedangkan wheelbase tercatat 2.750 mm. Dimensi baru yang lebih lebar dan lebih panjang ini membuat All New Avanza mampu menghadirkan 7 Seaters yang lebih nyaman dan ekstra luas.

Interior Lebih Lapang, Joknya Bisa Jadi Sofa

Toyota menyebut, jarak antara penumpang baris pertama dan kedua di All New Avanza adalah 980 mm. Sementara jarak antara penumpang baris kedua dan ketiga adalah 700 mm. Gerak maju mundur 240 mm pada kursi baris kedua dipadu dengan lebar mobil yang ditambah 70 mm memastikan 7 penumpang dapat duduk dan berinteraksi dengan nyaman.

Selain itu, All New Avanza juga dirancang untuk memiliki konfigurasi yang fleksibel sesuai kebutuhan pelanggan. Bahkan, jok All New Toyota Avanza dapat disesuaikan menjadi New Pleasant Long Sofa Mode untuk memberikan ruang yang nyaman bagi seluruh anggota keluarga.

All New Toyota Avanza meluncur di Indonesia (10/11/2021) Foto: Dok. Toyota Astra Motor (TAM)
Interior nyaman dan premium All New Avanza dihadirkan melalui New Striking Full Dashboard Design (1,5 G) yang disertai panel instrumen yang dapat memberikan berbagai informasi melalui New TFT MID 4,2 Inch. Selain itu, terdapat pula New Illuminating Start/Stop Button yang memberikan kenyamanan bagi pengemudi saat mengoperasikan mesin kendaraan, bahkan dalam kondisi gelap.

Dari segi hiburan, All New Avanza kini menghadirkan New 9 Inch Dynamic Audio Head Unit (1,5 G) yang bisa dihubungkan dengan radio, USB, dan Bluetooth. Selain itu, All New Avanza juga hadir dengan fitur New Tilt Telescopic Steering with Audio & MID Switch (1,5 G) untuk memudahkan pengaturan posisi kemudi, audio, dan MID melalui sentuhan sederhana di sisi setir.

Fitur Canggih yang Biasa Ada di Mobil Mahal

Bagian dalam Toyota All New Avanza 2021

 

All New Toyota Avanza memiliki fitur canggih yang biasanya ada di mobil-mobil mahal. Fitur itu berupa fitur safety dan konektivitas.

Toyota telah mengutamakan fitur keselamatan seperti Vehicle Stability Control dan Hill Start Assist menjadi standar baru. All New Avanza juga diperkuat dengan Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Fitur Brake Distribution (EBD) dan Brake Assist (BA).

All New Avanza (1,5 G CVT TSS) dilengkapi dengan 6 Airbags (Pengemudi/Penumpang/Samping/Tirai). Selanjutnya terdapat fitur Rear Crossing Traffic Alert yang memberikan notifikasi jika ada potensi tabrakan saat mobil mundur dan fitur Blind Spot Monitoring yang memberikan sinyal melalui grafik di kaca spion sebagai peringatan ketika ada mobil lain yang bergerak di area blind spot All New Avanza.

All New Avanza (1,5 G CVT TSS) dilengkapi dengan teknologi fitur keselamatan aktif terbaru yang mengandalkan sensor dan radar yaitu Toyota Safety Sense (TSS). TSS pada All New Avanza terdiri dari empat fitur keselamatan. Fitur pertama adalah Pre-Collision Warning and Pre-Collision Braking yang mengandalkan sistem radar untuk membantu mengurangi risiko tabrakan dengan kendaraan lain di depan dengan memberikan daya pengereman, bahkan hingga berhenti darurat jika diperlukan.

Lalu ada fitur Pedal Missoperation Control yang mengurangi potensi kecelakaan akibat salah menginjak pedal gas, dengan menyetel alarm peringatan, menerapkan pengereman, dan membatasi distribusi tenaga agar mobil melambat.

Fitur ketiga adalah Lane Departure Warning and Lane Departure Prevention yang membantu mencegah mobil berpindah jalur secara tidak sengaja di jalan, dengan memberikan suara alarm saat mobil bergerak menyamping di jalan lurus. Fitur selanjutnya adalah Front Departure Alert yang memberikan peringatan yang dapat didengar ketika mobil di depan tiba-tiba bergerak mendekat saat sedang mengantri di tengah kemacetan.

Tak cuma itu, All New Avanza juga didukung dengan fitur canggih terbaru Toyota yakni T Intouch yang sebelumnya hanya diterapkan pada model premium yaitu New Camry. T Intouch adalah teknologi telematika yang terpasang di All New Avanza yang menghubungkan mobil dengan aplikasi mTOYOTA di gadget. Dengan fitur ini, pemilik dapat terhubung ke semua layanan mobilitas Toyota.

T Intouch di All New Avanza menawarkan pengalaman konektivitas digital kehidupan sehari-hari serta solusi dan manfaat terintegrasi. Pertama, ada fitur Find My Car yang dapat mengetahui secara akurat di mana kendaraan diparkir untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi pelanggan. Kemudian, terdapat fitur Geofencing yang memberikan peringatan saat kendaraan berada di luar zona resmi untuk memastikan keamanan pelanggan setiap saat.

Selain itu, T Intouch juga hadir dengan fitur E-Care (Maintenance) yang akan membantu mengatur pengingat untuk perawatan kendaraan secara berkala. Kemudian, terdapat fitur Inquiry & Support Center yang menawarkan bantuan langsung dari call center Toyota untuk membantu menyelesaikan masalah pelanggan. Ada pula fitur Road Assistance yang menyediakan tombol SOS ketika pelanggan mengalami kecelakaan, yang menghubungkan pelanggan dengan call center Toyota untuk diarahkan ke penyedia Emergency Road Assistance (ERA) untuk mendapatkan bantuan yang lebih cepat.

Kenyamanan

Platform baru All New Avanza dikombinasikan dengan New Comfortable Suspension dengan mengoptimalkan geometri suspensi depan dan belakang serta karakteristik kecepatan spring rate dan damper. Ini memungkinkan insinyur Toyota memiliki ruang untuk menciptakan mobil baru yang ditujukan untuk kenyamanan. Alhasil, All New Avanza mampu memberikan stabilitas pengendalian serta kenyamanan berkendara yang diperkuat dengan dimensi bodi yang lebih lebar dan jarak sumbu roda yang lebih panjang. Pengaturan suspensi baru ini juga menjanjikan pengalaman berkendara yang lebih halus dan senyap, namun tetap menawarkan pengalaman berkendara yang menyenangkan di berbagai kondisi jalan.

Avanza diklaim mampu bermanuver dengan baik. Salah satunya berkat radius putar 4,9 meter dan ground clearance yang masih tinggi.

Perpaduan Optimal Mesin, Transmisi dan FWD

All New Avanza hadir dengan dua mesin seri NR yang telah ditingkatkan untuk menghadapi platform FF baru. Mesin 1NR-VE 1.329 cc 4 silinder menghasilkan tenaga 98 PS dan torsi 12,4 Kgm. Sementara mesin 2NR-VE 1.496 cc 4 silinder menghasilkan tenaga 106 PS dan torsi 14 Kgm.

Penerapan teknologi Dual VVT-i disebut andal dan tahan lama dalam menghasilkan tenaga yang memadai dengan efisiensi bahan bakar yang optimal di berbagai kondisi jalan. Kini mesin ini juga disempurnakan dengan New CVT Transmission. Transmisi baru ini dilengkapi dengan split gear baru yang dikembangkan untuk memberikan rasio gigi yang lebih lebar guna menciptakan akselerasi yang bertenaga dan mulus serta pengalaman jelajah yang senyap. Demikian dilansit Detik Oto.

 

Harga All New Toyota Avanza

Toyota Avanza 1.3 E M/T: Rp 206.200.000

Toyota Avanza 1.3 E CVT: Rp 219.100.000

Toyota Avanza 1.5 G M/T: Rp 228.500.000

Toyota Avanza 1.5 G CVT: Rp 241.400.000

Toyota Avanza 1.5 G CVT TSS: Rp 264.400.000.

 

(sdf)