Avanza Baru Diluncurkan 10 November 2021, Perubahannya Mirip-mirip Raize

Otonesia.id, Seteleh gambar Avanza terbaru di sebuah dealer bocor di internet, PT Toyota Astra Motor (TAM) memastikan All New Avanza dan All New Velloz akan luncur pada 10 November 2021 mendatang.

Ini artinya peluncuran berlangsung sehari sebelum GIIAS 2021 dibuka resmi di ICE, BSD CIty, Tangerang.

Berdasarkan undangan yang diterima redaksi Otosia.com, Senin (1/11/2021), World Premiere of All New Veloz and All New Avanza akan berlangsung secara virtual di akun resmi Toyota Indonesia di YouTube.

All New Velloz dan All New Avanza tampil pertama kalinya di hadapan publik pada GIIAS mendatang. Kedua LMPV ini kabarnya menememani kembarannya Daihatsu Xenia yang diluncurkan pada hari pertama GIIAS 2021.

Bocoran foto Avanza generasi terbaru memperlihatkan sisi samping dan belakang .

Mulai dari eksterior. Secara gambaran utuh, Toyota All New Avanza sangat berbeda. Mobil dengan julukan “sejuta umat” itu sudah meninggalkan bahasa desain lamanya. Versi terbaru ini kini mengadopsi tampang yang lebih gagah dan berisi, mirip SUV.

Avanza Veloz 2021

Ada beberapa hal yang cukup mencolok pada All New Toyota Avanza ini. Pertama adalah penggunaan grill besar pada fascianya, mirip dengan mobil-mobil SUV Toyota di Amerika Serikat.

Berikutnya adalah housing kaca di baris ke-3 di mana bentuknya lebih kecil dibanding Avanza sebelumnya.

Lalu ke-3 adalah penggunaan pelek 17 inci dengan limat baut. Artinya mobil ini menopang berat yang lebih tinggi dibanding sebelumnya. Terakhir adalah penggunaan lampu belakang LED dan tarikan garis krom yang menyambung dari lampu depan hingga kaca belakang.

Sama seperti eksterior terbarunya, bagian kabin pada All New Toyota Avanza ini. LMPV ini sudah meninggalkan desain dasbor lama.

Sebagai gantinya head unit kini sudah floating atau berada di atas AC dan berukuran besar, ada panel-panel soft touch di sekitar interiornya dan jok sudah dilapisi kulit.

Selain itu, nampak beberapa parts yang diduga kuat diboyong langsung dari Toyota Raize. Sebagai contoh panel AC otomatis di bagian konsol tengah mirip dengan kepunyaan Raize GR Sports. Ada juga tuas transmisi dan tombol-tombol di lingkar kemudi yang terlihat mirip pada Toyota Raize.

Veloz 2021

Perbedaan lainnya adalah penyematan armrest dan bentuk ventilasi AC yang berbeda di baris ke-2, adanya cup holder baru di depan tombol power window, hand grip di atap sudah retract, serta kemungkinan besar mempunyai wireless charging di bawah armrest depan.

Fitur keselamatan adalah bagian yang paling banyak mengalami perubahan. Dari luar, nampak penggunaan rem belakang cakram, membuat sistem pengereman lebih optimal dibandingkan model sebelumnya.

Lalu emblem Toyota pada grille depan ditemukan sebuah kamera kecil. Artinya All New All New Toyota Avanza tipe termahal ini sudah dilengkapi peranti kamera 360 yang memudahkan pengemudi untuk bermanuver dan melihat kondisi sekitar mobil.

Sementara pada bagian atas kaca depan All New Toyota Avanza, diletakan kamera stereo yang mirip dengan peranti pada Toyota Raize TSS.

Hal ini menunjukkan bahwa versi terbaru Avanza nanti akan dibekali Toyota Safety Sense, sebuah fitur keselamatan canggih yang membantu dan memudahkan proses mengemudi.

(sdf)