Biar Gak Cepat Soak, Ini 5 Cara Merawat Aki Mobil

Otonesia.id, Selain mesin, salah satu komponen terpenting mobil adalah baterainya. Atau biasa disebut aki. Tanpa adanya aki, mobil kamu tentu gak akan bertenaga.

Maka, aki harus dirawat dengan baik. Jika soak, kamu akan sulit menghidupkan mobil. Bahkan tidak hidup sama sekali.

Nah, merawat aki itu sebenarnya gampang. Asalkan kamu tidak malas. Apa saja sih caranya?

1. Selalu panaskan mobil secara rutin

Mobil belum tentu kamu gunakan setiap hari. Untuk itu, mobil perlu dipanaskan. Setidaknya 15 menit setiap harinya.

Karena saat dipanaskan aki akan men-charge dayanya. Mobilnya bisa kehilangan kemampuan self charge saat mesin hidup jika jarang dipanaskan.

2. Periksa selalu kondisi aki mobil

Selain itu kamu juga memerlukan alat pengetes baterai atau battery load tester.Nah, jika kamu memakai aki basah, kamu harus segera mengisi cairan jika sudah jauh berkurang dari batas normal.

3. Periksa selalu terminal aki mobil

Satu hal lagi yang harus kamu periksa adalah terminal aki mobil. Hal ini untuk memastikan tidak adanya karat dalam lingkaran besi.

Dengan demikian penyaluran listrik ke mesin mobil tetap prima. Jikapun ada karat, kamu harus membersihkannya dengan larutan baking soda. Bisa juga sih direndam dengan air panas.

4. Perhatikan AC dan tape mobil

Nah, ada satu hal sepele yang sering kita lupakan. Yakni lupa mematikan AC saat mesin berhenti. Akibatnya saat akan starter, AC kamu masih hidup.

Selain itu tape radio juga harus dimatikan. Jika semuanya menyala, maka tarikan daya akan semakin besar dan hal ini akan menyebabkan aki cepat soak.

5. Periksa kartu catatan perawatan aki mobil

Nah, jika kamu mengganti aki, perhatikan kartu garansinya. Tentu saja baterai ada umurnya. Kamu harus tahu pasti dan jadwalkan kapan harusnya baterai diganti.

Biasanya sih umurnya bisa 2-3 tahun tergantung bagaimana kamu merawatnya.

Nah, kalau sudah tahu, jangan malas lagi untuk merawat aki mobil ya. Mahal lho kalau soak dan terpaksa mengganti sebelum waktunya.

 

(wan/sdf)