SUV Keren Ini Bisa Jadi Masuk Indonesia dengan Nama Esemka, Minat?

Otonesia.id, Changan CS75 Plus secara resmi diluncurkan di ajang Chengdu Auto Show 2021. Ini adalah model facelift dari seri CS75 sebelumnya. Beberapa penyesuaian pun telah dilakukan baik dari sisi eksterior maupun interiornya.

Nama Changan mungkin kurang familiar di Indonesia. Tapi sebenarnya kalau di tahun 2019 merk mobil Cina ini begitu ramai diperbincangkan di Tanah Air. Sebabnya adalah beberapa produk Changan punya kemiripan dengan mobil Esemka. Misalnya Changan Star Truck yang dinilai sangat mirip dengan Esemka Bima, mobil pick up buatan Boyolali, Jawa Tengah.

Padahal sebenarnya Changan bukan hanya punya pick up, namun sejumlah model termasuk SUV pun mereka miliki. Dan yang terbaru adalah CS75 Plus ini. Kalau dilihat-lihat sih layak jadi kompetitornya Toyota Fortuner nih.

Secara penampilan, ada banyak yang berubah dibanding CS75 sebelumnya. Diklaim oleh pihak perusahaan, kalau wajah CS75 Plus ini menggambarkan desain dari keluarga baru Changan. Grilnya besar dan diberi finishing Black Gloss.

Kemudian lekuk bempernya juga agresif serta pada sisi kiri dan kanannya ada “sayap” yang juga pakai imbuhan aksen Black Gloss kombinasi merah. Lalu di lower bumper pun masih diberi aksen garis horizontal bersusun tiga.

Sementara perubahan di area belakang ada pada bentuk lampu yang kini berdesain Phoenix Flame. Kemudian di bemper ditambah reflektor, serta ada emblem CS75 Plus pada pintu bagasi. Lantas Changan juga menggunakan quad muffler yang mempertegas karakter sporty dari SUV 5 seater ini.

Jika melihat bagian kabin, Changan CS75 Plus sepertinya mengikuti tren SUV kekinian di CIna. Antara lain dari pengguaan layar ganda yang berfungsi sebagai meter cluster dan juga headunit. Untuk meter clusternya berupa monitor 7 inci, sementara yang berfungsi sebagai head unit adalah monitor 12 inci.

Lantas aksen perak di dasbor juga digunakan untuk menyamarkan keberadaan kisi-kisi AC. Di bagian konsol tengah tuas transmisi juga dibuat moren layaknya joystik. Tidak ada tuas Parking Break karena sudah diganti tombol elektronis. Lalu pengaturan menu pada headunit juga berbentuk knop bulat.

Jok, setir, dan trim pintu menggunakan material kulit Nappa dengan warna hitam dan jahitan merah. Ini senada dengan aksen dari sisi eksterior untuk mengentalkan aura sporty di mobil tersebut. Buat menambah aura mewah, bagian atap juga sudah pakai electric sunroof.

Di sektor tenaga, Changan CS75 Plus menggunakan dua meisn berebda. Pertama mesin Blue Wahle 1.5 Turbo berdaya puncak 178 PS dengan torsi 265 Nm. Mesin kedua Blue Wahle 2.0 Turbo 233 PS dengan toris puncak 360 Nm.

Untuk mesin 1.5T menggunakan gearbox kopling ganda (dual clutch) 7 percepatan. Sementara mesin 2.0T memakai kopling otomatis 8 percepatan.

Beberapa fitur yang ada di mobil ini diantaranya 6 Airbags, ABS + EBD, Electronic Stability Control, Hill Hold Control, Hill Descent Control, Tire Pressure Monitoring System, dan kamera 360 derajat.

Menarik untuk membahas mengenai Changan CS75 Plus ini. Bukan saja karena perawakannya yang mirip Toyota Fortuner, namun potensinya masuk ke Indonesia. Kalau Changan Star Truck saja bisa berubah nama jadi Esemka, apakah mungkin CS75 Plus ini juga akan jadi SUV Esemka?

Apalagi Airlangga Hartarto saat menjabat sebagai Menteri Perindustria pernah mengungkapkan kalau memang ada kerjasama antara Esemka dan Changan. Dan menurut dia itu adalah hal yang wajar di industri otomotif. Demikian dilansir Autofun.

(SDF)