Inilah Mobil Termurah di Indonesia, Kalian Semua Pasti Bisa Beli

Otonesia.id, Mobil termurah di Indonesia saat ini dibanderol Rp 103,3 juta, mobil itu adalah Daihatsu Ayla 1.0 D MT.

Daihatsu Ayla 1.0 D MT merupakan mobil low cost green car (LCGC) yang paling murah ketimbang merek lain saat ini.

Sebagai pembanding, Honda Brio Satya S M/T Rp 151,4 juta, Suzuki Karimun Wagon R Rp 122 juta, dan Toyota Agya Rp 144,9 juta.

Apa saja yang ditawarkan dari Ayla 1.0 D MT sebagai mobil termurah di Indonesia?

Ayla 1.0 D M/T memang punya harga yang terjangkau. Masyarakat Indonesia sudah bisa memiliki mobil dengan harga Rp 103,3 juta. Tapi tentu saja ada beberapa hal yang perlu menjadi perhatian, khususnya terkait keselamatan dan kenyamanan.

Dari segi eksterior, mobil ini jelas memiliki perbedaan dengan model Ayla 1.2 L yang sudah mengalami penyegaran facelift pada 2020 lalu. Sementara Ayla 1.0 D dan X masih menggunakan desain muka sebelumnya, pun terlihat tidak dibekali dengan lampu kabut.

Sebagai mobil termurah, Ayla 1.0 D M/T juga belum disertakan lampu LED, mobil juga terkesan sederhana tanpa adanya aksen chrome yang menempel di sekujur body.

Sementara bagian velg kalengnya menggunakan ukuran 13 inch tanpa cover atau wheel cap. Pada bagian belakang juga belum dilengkapi wiper.

Lebih lanjut, jangan heran jika masuk ke dalam kabin. Sebab Ayla 1.0 D MT tidak dilengkapi dengan fitur Air Conditioner (AC), air ventilator, dan bahkan head unit sekali pun, jadi jangan harap bisa mendengarkan musik atau radio di mobil ini ya.

Bisa dikatakan, Daihatsu Ayla 1.0 D T lebih banyak menggunakan perlengkapan mekanis. Fitur seperti power steering, power window, dan power door lock tidak terpasang pada mobil ini. Meski demikian, Daihatsu Ayla 1.0 D MT ini sudah dibekali penunjuk indikator bahan bakar digital.

Berbeda dengan tipe 1.0 D+ yang harganya Rp 115,5 juta, sedikit lebih banyak fitur dengan selisih Rp 12 juta. Di antaranya sudah memiliki AC, Electric Power Steering, power window, power door lock, audio 1 DIN (Radio/CD/USB), air ventilator dan speaker depan.

Beberapa keunggulan yang ditawarakan Daihatsu Ayla D ini ialah board door trim, molded head lining, sun visor, dan B-pillar garnish. Oiya, pada baris bangku pertama dan kedua sudah dilengkapi seatbelt tiga titik, dan side impact beam. Lalu pada bagian jok depan bisa diatur sliding dan reclining.

Daihatsu Ayla 1.0 D MT ini juga dilengkapi dengan Alat Pemadam Api Ringan (APAR).

Tapi bicara keamanan, Daihatsu Ayla 1.0 D MT ini tidak dilengkapi dengan air bag, dan pengereman juga belum menggunakan sistem ABS, hanya saja rem depan sudah cakram, dan belakang tromol.

Soal performa, Daihatsu Ayla 1.0 D MT ini tentu saja irit konsumsi BBM. Sebab mobil ini dicangkok mesin 998 cc 3 silinder berkode 1KR-DE, DOHC yang bisa mengeluarkan tenaga sebesar 65 PS pada 6.000 rpm dan torsi maksimal 86 Nm di rentang 3.600 rpm.

(Sdf)