Sayang Banget, Lihat Nih Ratusan Mobil Baru Terendam Banjir

Otonesia.id, Hujan deras yang mengguyur kota Detroit, Amerika Serikat, selama beberapa hari terakhir membuat banjir di sejumlah wilayah. Hal ini juga berdampak pada beberapa fasilitas penyimpanan mobil dan pabrik otomotif di kota tersebut.

Sejak Jumat (25/6/2021), Detroit telah diguyur hujan deras dan berlangsung selama beberapa hari. Akibatnya ribuan rumah terendam banjir hingga beberapa akses ruas jalan terputus karena ketinggian air mencapai 2 meter lebih.

Selain merendam perumahan warga dan ruas jalan, banjir juga menenggelamkan lahan parkir penyimpanan mobil milik Stellantis. Mobil-mobil tersebut sejatinya akan dikirim ke sejumlah dealer setelah diproduksi di pabrik Stelantis Jefferson North Assembly Plant (JNAP), namun sayang hujan yang mengguyur Detroit membuat ratusan mobil ikut terendam.

Dalam foto dan video yang beredar di media sosial, terlihat ratusan mobil baru terendam sampai setinggi atap. Demikian dikutip dari Car and Driver.

Mobil-mobil yang terendam air itu di antaranya adalah Dodge Durango, Jeep Grand Cherokee, hingga sejumlah SUV dan Minivan.

“Baru masuk: halaman tempat pengiriman mobil di dekat pabrik @Jeep terendam banjir di Detroit dan produksi kini terganggu. Selain itu, produksi Ford F-150 juga terhenti,” tulis akun Twitter @phoebesaid.

Belum diketahui berapa kerugian yang ditaksir akibat kejadian tersebut. Pihak Stelantis akan membersihkan area pabrik yang terdampak banjir serta berusaha mengeluarkan air dari dalam pabrik secepat mungkin.

“Akibat badai hebat yang datang di Detroit sejak 25 Juni, banyak akses jalan dan lingkungan rumah warga mengalami banjir yang sangat tinggi, termasuk pabrik perakitan mobil di Jefferson North. Saat ini air yang menggenang di dalam pabrik telah dikeluarkan, lalu akan terus dilanjutkan proses kedua hingga selesai,” tulis pernyataan Stelantis dikutip dari Car and Driver.

Selain merendam ratusan mobil di tempat penyimpanan Stellantis, banjir di Detroit juga menyebabkan produksi pikap listrik Ford F-150 terganggu di pabrik Dearborn. Hal ini disebabkan sejumlah akses jalan terputus akibat banjir, sehingga sejumlah karyawan sulit untuk datang ke pabrik.

Selain merendam ratusan mobil di pabrik Stelantis, total lebih dari 350 kendaraan milik warga rusak akibat diterjang banjir dan badai. Sebanyak 50 warga juga harus dievakuasi akibat terjebak di dalam mobil yang terendam air hingga setinggi 3 meter.

Sampai saat ini pemerintah Michigan mengeluarkan peringatan darurat akibat hujan dan banjir yang terus melanda Detroit dan sekitarnya. Beruntung belum ada korban jiwa atas peristiwa ini, namun warga diperingatkan untuk tetap waspada dengan intensitas hujan yang akan lebih besar dalam beberapa hari mendatang.

(Sdf)