Anda Punya Ignis? Segini Estimasi Biaya Pengeluaran Harian untuk BBM, Perawatan Hingga Pajak

Otonesia.id, Membeli kendaraan pribadi yang harganya tidak murah memerlukan beberapa pertimbangan. Terlebih mobil yang dibeli digunakan untuk keperluan harian.

Untuk keluarga kecil yang tinggal di kota-kota yang padat lalu lintas, urban SUV atau city car adalah pilihan yang rasional. Yang kemudian jadi pertanyaan, bagaimana dengan biaya kepemilikan?

Jika tertarik membeli Suzuki Ignis misalnya, berapa biaya kepemilikannya?

“Biaya kepemilikan mobil tentunya harus diperhitungkan sebelum membeli mobil. Apabila tidak, hal itu bisa menganggu perencanaan finansial rumah tangga. Oleh karena itu, kami berinisiatif untuk menjabarkan estimasi biaya kepemilikan New Ignis,” ujar Hariadi, Service Asst to Dept. Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS).

Sebagai estimasi biaya kepemilikan Ignis, maka faktor-faktor yang dapat dimasukkan adalah biaya perawatan berkala, biaya pajak, serta biaya bahan bakar.

Namun menurut Hariadi, seluruh biaya tersebut dapat berubah dan harus disesuaikan kembali dengan penggunaannya, kejadian tidak terduga, penyesuaian dengan biaya di daerah masing-masing, serta berbagai variabel lain yang berbeda-beda pada setiap pelanggan.

Biaya untuk merawat Ignis ini diestimasikan berkisar di angka Rp 53.497/hari. Namun, tentunya nominal tersebut akan berbeda-beda bagi setiap pemilik mobil sesuai dengan pemakaian dan berbagai faktor lainnya.

Untuk estimasi biaya perawatan berkala New Ignis hingga 100.000 km atau 3 tahun berkisar pada angka Rp 7.877.300 atau Rp 7.193 per hari baik untuk transmisi manual maupun AGS. Biaya tersebut juga sudah termasuk program gratis biaya jasa pada servis 1.000 km – 50.000 km.

Sedangkan estimasi pajak kendaraan bermotor untuk plat B (Jakarta) pada kisaran Rp 2.940.000 per tahun atau Rp 8.054 per hari.

Sementara konsumsi bahan bakar New Ignis rata-rata yaitu 10 km per liter. Jika dalam satu hari pemilik mobil menempuh jarak 50 km, maka ia akan menghabiskan 5 liter bensin. Jika dikalikan dengan harga Pertalite saat ini (Rp 7.650), biaya harian konsumsi bahan bakar berkisar di Rp 38.250 per harinya.

Jika variabel dihitung secara total, biaya kepemilikan New Ignis adalah, biaya perawatan berkala + biaya pajak tahunan + biaya konsumsi bahan bakar: Rp 7.193 + Rp 8.054 + Rp 38.250 = Rp 53.497/hari (hingga 3 tahun).

Dengan demikian biaya kepemilikan New Ignis, termasuk servis, pajak, dan biaya bensin adalah sebesar Rp 53.497 per hari. Biaya tersebut belum termasuk hal tidak terduga atau faktor lainnya.

New Ignis menawarkan 2 tipe, yaitu GL dan GX. New Ignis GL M/T dijual Rp 175,5 juta, New Ignis GL AGS Rp 185,5 juta, New Ignis GX M/T Rp 194,5 juta, dan GX AGS Rp 204,5 juta. Demikian dilansir otosia.

(SDF)