Gegara Diskon Pajak 100 Persen, Mau Beli Mobil Antre Sampai Juli

Otonesia.id, Pemerintah telah memberikan relaksasi PPnBM (pajak penjualan atas barang mewah) untuk mobil baru. Mobil dengan mesin 1.500 cc ke bawah mendapatkan diskon PPnBM 100% sejak Maret 2021. Namun, harga mobil tanpa PPnBM itu akan berakhir pada Mei 2021 ini.

Peminat mobil yang mendapatkan diskon PPnBM itu pun cukup banyak. Para agen pemegang merek (APM) menyebut konsumen sampai harus antre mendapatkan unit mobil setelah melakukan pemesanan.

“Iya masih ada beberapa inden,” kata Direktur Pemasaran PT Toyota-Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy kepada detikcom, Rabu (19/5/2021).

Anton mengatakan, masa tunggu atau inden dari pemesanan sampai distribusi ke konsumen berbeda-beda tiap modelnya. Kata Anton, konsumen ada yang menunggu satu bulan bahkan lebih.

Hal yang sama juga dialami PT Honda Prospect Motor (HPM). Yusak Billy, Business Innovation and Marketing & Sales Director PT Honda Prospect Motor mengatakan, masa inden tergantung model, tipe dan warna mobil yang dipesan.

“Ada yang masih menunggu juga, namun sebagian besar sudah di-delivery-kan ke konsumen untuk SPK Maret dan April,” kata Billy kepada detikcom, Rabu (19/5/2021).

Bahkan, konsumen yang memesan mobil Honda pada bulan Mei, yang menjadi bulan terakhir penerapan PPnBM 0%, harus menunggu sampai Juli.

Makanya, memesan mobil saat ini belum tentu dapat harga dengan PPnBM 0%. Bisa jadi mobil akan dikirim setelah PPnBM 0% berakhir.

“Dengan adanya relaksasi PPnBM memang membuat pasar bergairah kembali ya. Sejak awal Mei lalu untuk konsumen yang melakukan SPK, beberapa model, tipe dan warna kami memang sudah inden sampai Juni dan Juli ya. Trend SPK sedang kami monitor closely, memang ada penurunan karena libur Lebaran minggu lalu ya,” ujar Billy dilansir Detik Oto.

(SDF)