Begini Cara Mudah Merawat Sunroof

Otonesia.id, Fitur sunroof atau panoramic sunroof merupakan fitur pelengkap mobil, di mana panel atap bisa dibuka seperti jendela. Biasanya fitur ini ada di mobil-mobil premium, lalu bagaimana cara merawatnya agar tetap awet?

Sunroof model panoramic menjadi fitur standar SUV Premium Peugeot 3008 dan 5008, baik GT-Line atau Allure Plus. Meskipun telah didesain free maintenance, fitur ini tetap perlu perawatan agar penampilan dan kondisinya terjaga.

Langkah ini untuk memperpanjang usia pakai hingga mencegah terjadinya kebocoran. Jadi tetap perlu perawatan.

“Pemilik mobil dapat melakukan perawatan sendiri saat di rumah. Karena perlakuan perawatan kurang tepat, kadang dapat mengganggu fungsi sunroof. Seperti karet menjadi keras, kurang rapat dalam menutup, adanya kebocoran hingga timbul jamur pada kaca,” jelas Samsudin dari National Technical Advisor Astra Peugeot.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa cara merawat panoramic sunroof tidak jauh beda dengan merawat kaca pada mobil. Nah, yang perlu diperhatikan dalam merawat sunroof Panoramic adalah sebisa mungkin hindari parkir di tempat yang terkena sinar matahari langsung selama terus-menerus. Selain itu, juga hindari bekas endapan sisa air hujan atau sisa air setelah mencuci mobil.

Samsudin mengatakan, merawatnya sama seperti cat dan kaca mobil. Jika terlalu lama terkena paparan sinar matahari ditambah tetesan air hujan, embun, hingga kotoran burung, biasanya sunroof dan panoramic sunroof akan tampak kusam dan timbul jamur.

Untuk itu, setelah cuci mobil pastikan bagian atap kaca dilap sampai benar-benar kering. Jika ada sisa-sisa air atau sabun di atap, maka kaca sunroof akan berjamur.

Untuk menjaga kualitas karet-karet pelindung (sil) agar tetap awet, Anda mesti rajin menyingkirkan debu yang mengendap. Pastikan kondisi karet tak mengeras karena terlalu sering terpapar sinar matahari. Dan untuk bentuk perawatannya sendiri, pemilik bisa menyemprotkan permukaan karet dengan cairan silikon.

“Tidak harus rutin. Tapi paling tidak karet-karet di sekitar area sunroof dicek kualitasnya. Kalau memang terlihat kusam dan agak keras bisa dikasih cairan silicon yang dijual di pasaran,” jelas Samsudin. Demikian dilansir Detik Oto.

(SDF)