Ini Fungsi Tombol Power Mode di Toyota Raize dan Daihatsu Rocky

Otonesia.id, Duo mobil kembar kolaborasi terbaru Toyota dan Daihatsu, Raize dan Rocky resmi jalani debutnya di Indonesia pada Jumat (30/4/2021).

Kedua mobil ini hadir dengan mengusung platform terbaru, yakni Daihatsu New Global Architecture (DNGA), serta dilengkapi juga dengan berbagai fitur canggih.

Salah satu fitur canggih yang cukup mencuri perhatian dari Toyota Raize dan Daihatsu Rocky, yakni fitur Power Mode. Fitur ini hanya tersedia pada Toyota Raize dan Daihatsu Rocky bertransmisi otomatik Dual CVT.

Department Head Product Planning Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Dendy Triyanto, mengatakan kehadiran fitur Power Mode pada Daihatsu Rocky dan Toyota Raize berguna untuk mengubah putaran mesin menjadi lebih responsif.

“Dia itu fungsinya buat menahan rpm supaya tetep tinggi, jadi mobil lebih responsif. Mirip fitur mode sport di mobil-mobil lain,” jelas Dendy saat ditemui beberapa waktu lalu.

Fitur Power Mode di Toyota Raize dan Daihatsu Rocky

Lebih lanjut, kata Dendy, fitur ini berguna manakala pengemudi membutuhkan akselerasi yang lebih maksimal. Seperti saat hendak melalui jalan menanjak atau menyalip.

“Jadi dia hanya putaran mesin, kalau suspensi tidak berubah. Dan kenapa dia hanya ada di Rocky CVT, karena kalau manual kan bisa pakai kick down, jadi tidak butuh power mode,” papar Dendy dilansir Kumparan.

Tampilan layar di speedo meter setelah tombol power mode diaktifkan

Adapun untuk mengaktifkan fitur Power Mode, pengemudi hanya perlu menekan tombol bertuliskan PWR pada bagian sebelah kanan kemudi. Ketika tombol sudah ditekan, maka tampilan pada layar instrumen pun akan berubah warna dan muncul juga tulisan ‘PWR’.

Dalam pengoperasiannya, pemilik mobil diimbau untuk tidak selalu mengaktifkan fitur ini. Sebab dengan putaran mesin yang tinggi, secara otomatis juga akan berdampak pada konsumsi bahan bakarnya yang jadi lebih boros.

Karena itu, penggunaan fitur Power Mode ini, sebaiknya hanya digunakan saat membutuhkan akselerasi instan yang lebih maksimal.

(SDF)