Toyota Raize dan Daihatsu Rocky Lebih Irit Mana? Cek Di Sini Jawabannya

Otonesia.id, Toyota Raize dan kembarannya Daihatsu Rocky telah resmi mengaspal di tanah air. Setelah harganya diketahui, lantas bagaimana performa keiritan mesinnya?

Toyota Raize dipasarkan dalam pilihan mesin 1.0 turbo saat ini. Sementara 1.2 non turbo segera menyusul pada semester 2 tahun 2021.

“Konsumsi BBM per 100 km itu 5,6 liter yang 1.0 turbo. Ini untuk kondisinya variasi ya, luar kota, dalam kota, Kalau diconvert 13,8-18 km/liter,” ungkap Direktur Pemasaran PT Toyota-Astra Motor, Anton Jimmi, saat konferensi pers beberapa waktu yang lalu.

Di atas kertas, Toyota Raize 1.0 Turbo menggunakan mesin 3 silinder turbo, in-line, 12 valve DOHC with VVT-i berkapasitas 998 cc. Mobil ini memiliki kompresi 9,5:1, secara matematis masih aman untuk meminum RON 90.

Di atas kertas mobil ini sanggup memuntahkan tenaga 98 PS (96,6 hp) di 6.000 rpm dan torsi maksimal 140 Nm di 2.400 – 4.000 rpm.

Daihatsu Rocky diluncurkan 30 April 2021 lalu

Sementara Daihatsu Rocky juga tidak jauh dari angka 20 km/liter. Marketing Product Planning Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Anjar Rosjadi, mengatakan bahwa Daihatsu Rocky memiliki performa konsumsi bahan bakar yang sangat efisien alias irit.

“Dari hasil pengetesan (internal) konsumsi bahan bakar Daihatsu Rocky 1.0 itu bisa mencapai 17 hingga 18 kilometer per liter. Itu yang mengetes tim R&D ADM di jalanan umum. Jadi irit sekali kan?,” kata Anjar, dalam konferensi pers virtual, belum lama ini.

“Dan untuk Daihatsu Rocky telah dilakukan pengujian dan test ride dengan melalui 24 jenis jalan yang ada di Indonesia. Pengujian dilakukan dengan menggunakan fasilitas internal yang ad di ADM R&D.”

“Di samping itu juga untuk bisa memastikan kondisi pada aktual pengendaraan di jalan, pengetesan juga dilakukan di area publik, yakni di sepanjang jalan di Pulau Jawa. Pengujian dilakukan dari Jakarta hingga Surabaya,” jelas Anjar.

(SDF)