Jangan Beli Mobil di Singapura, Masak Terios Harganya Rp1 Miliar 

Otonesia.id, Beruntunglah tinggal di Indonesian. Dibanding negara lain contohnya Singapura, harga barang di Indonesia masih lebih murah. Mobil contohnya.

Di Singapura, harga mobil sangat mahal dan jika mau punya harus urus sertifikat yang harganya juga mahal.

Maka tak heran jika harga Daihatsu Terios di negara ini tembus Rp 1 miliar dan Toyota Fortuner harganya Rp 2 miliar.

Baru-baru ini Perodua resmi memasukkan model Perodua Aruz ke Singapura. Kembaran Daihatsu Terios itu dijual dengan harga SGD 92.999 atau setara Rp 1,014 miliar.

Tak cuma Terios, mobil-mobil lain yang biasa dijual di Indonesia dengan harga ratusan juta rupiah juga dibanderol miliaran rupiah di Singapura. Contohnya adalah Toyota Fortuner.

Di Indonesia, harga Toyota Fortuner sebelum dipotong diskon PPnBM, paling murah dijual dengan harga Rp 509.900.000. Versi paling mahalnya pun cuma Rp 709.500.000.

Sementara di Singapura, Toyota Fortuner dijual dengan harga SGD 190.888. Jika dirupiahkan harga Toyota Fortuner di Singapura setara dengan Rp 2,037 miliar.

Toyota Sienta pun harganya miliaran rupiah di Singapura. Mengutip price list Toyota Singapura, harga Toyota Sienta di sana mulai SGD 106.888, setara Rp 1,14 miliar. Padahal di Indonesia Toyota Sienta paling mahal cuma Rp 315.650.000.

Contoh lainnya ada Honda CR-V 1.5 Turbo. Di Singapura Honda CR-V dijual dengan harga mulai dari SGD 138.999, setara Rp 1,4 miliar. Di Indonesia, Honda CR-V paling mahal Rp 545,5 juta.

Lalu mengapa harga mobil di Singapura sangat mahal dibanding di Indonesia?

Sebagai informasi, pemerintah Singapura telah mengatur jumlah total mobil yang beredar di negara kecil tersebut. Pemerintah negeri itu mengeluarkan izin dalam jumlah terbatas. Pembeli mobil harus memiliki Sertifikat Kepemilikan atau Certificates of Entitlement (COE).

Calon pembeli harus menawar COE terlebih dahulu sebelum diizinkan membeli mobil. Itu tidak murah, COE untuk mobil dengan mesin 1.600 cc ke bawah harganya SGD 40.609 (Rp 433 juta). COE akan lebih mahal lagi untuk kendaraan dengan mesin di atas 1.600 cc.

Mahalnya harga mobil di Singapura adalah bagian dari rencana pemerintah untuk membatasi jumlah mobil. Sebab, ruang negeri itu sangat terbatas.

(Sdf)